Daftar Benda di Rumah Bisa Jadi Penyebab Kanker

0
D MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini penyakit kanker bisa dipicu oleh benda-benda yang kadang tak disadari bahayanya, karena sering digunakan di rumah. Adanya kandungan bahan kimia di dalamnya diduga menjadi salah satu sebab. Apalagi bahan kimia banyak yang bersifat karsinogen atau pemicu kanker.

Selain karsinogen, senyawa kimia tersebut kerap membantu percepatan pertumbuhan sel kanker. Untuk informasi tambahan, berikut ini beberapa benda di rumah yang disinyalir bisa jadi pemicu munculnya sel kanker.

Pengharum ruangan
Benda ini mengandung zat kimia yang dapat mempengaruhi reseptor indera penciuman yang terdapat di hidung. Akibatnya, penciuman tidak dapat membaui aroma lain. Itu sebabnya bau busuk atau tak sedap di ruangan bisa sedikit berkurang dengan adanya pengharum ruangan. Tak hanya itu, ada pula senyawa kimia acetaldehyde, benzaldehyde dan methyl pyrrolidone yang juga tak sehat jika dihirup terus menerus.

Lilin
Lilin yang mengandung parafin akan membentuk senyawa karsinogen yakni toluena, aldehid, keton dan lainnya yang memicu kanker. Hindari pemakaian terus menerus jika ingin tetap sehat.

Kosmetik
Kandungan senyawa semisal benzofenon-3, formaldehid, benzena, toluena dan dioksan pada kosmetik adalah bahan bersifat karsinogen. Bahan ini mudah diserap tubuh sehingga tidak dianjurkan dipakai dalam jangka panjang.

Lantai granit
Kandungan gas bernama radon yang diketahui adalah termasuk jenis radioaktif ada dalam granit. Biasanya senyawa ini dipakai sebagai bahan peluruh radium.

Baca Juga: Makanan Yang Dianjurkan Untuk Mencegah Tertular Kanker Serviks

Odol
Yang patut diwaspadai adalah senyawa fluoride dalam odol. Beberapa penelitian menghubungkan fluoride sebagai pemicu jenis kanker tulang atau osteosarcoma. Hindari pula sabun dan pasta gigi dengan kandungan triclosan yang bersifat karsinogen. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply