Daftar Makanan yang Dilarang untuk Penderita Kanker Payudara

0
D MauTips.com, Jakarta. Deteksi dini kanker payudara penting dilakukan untuk meningkatkan peluang kesembuhan. Banyak kasus kanker payudara terlambat didiagnosis karena tak mengenali tanda dan gejala yang muncul. Padahal, terdapat sejumlah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali.

Ciri-ciri ini dapat menjadi salah satu cara mengetahui keberadaan kanker payudara. Jika tanda-tanda ini muncul, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Cara mengetahui kalau terkena kanker payudara juga dapat dilakukan dengan mamprogram atau sinar-X dosis rendah pada payudara. Metode ini dapat membantu mendeteksi tumor di payudara. Sejumlah studi telah menganalisis hubungan makanan dengan perkembangan kanker payudara. Sejumlah makanan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara yang lebih cepat. Penelitian ini pun merekomendasikan agar penderita kanker payudara tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Berikut makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara.

1. Gula
Makan makanan yang tinggi gula dapat mengembangkan kanker payudara. Pada eksperimen yang dilakukan di tikus, terlihat perkembangan tumor kelenjar susu. Tumor ini juga lebih mungkin menyebar dan bermetastasis.

2. Makanan cepat saji
Lemak dari makanan cepat saji meningkatkan risiko kanker payudara. Studi menunjukkan lemak trans yang banyak terdapat di makanan olahan dikaitkan dengan perkembangan kanker payudara.

3. Daging merah
Sejumlah studi menunjukkan konsumsi daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Risiko semakin meningkat saat daging dimasak denagn suhu tinggi karena memicu pelepasan racun.

4. Alkohol
Minuman dan makanan yang mengandung alkohol juga mesti dihindari penderita kanker payudara. Alkohol dapat berinteraksi dengan obat yang dikonsumsi penderita kanker payudara. Alkohol juga dapat meningkatkan kekambuhan pada penyintas kanker payudara.

5. Makanan mentah
Hindari pula konsumsi makanan mentah. Orang dengan kanker payudara berisiko tinggi mengalami infeksi. Oleh karena itu, hindari sumber-sumber infeksi seperti makanan mentah seperti sushi, telur, dan daging yang tidak matang.

Baca Juga: Penyebab dan Mencegah Kanker Payudara, Ciri-Ciri Yang Mudah Dikenali

Selain makanan yang dilarang untuk penderita kanker payudara, terdapat pula makanan yang sebaiknya dikonsumsi. Studi menunjukkan makanan tinggi antioksidan seperti buah dan sayuran baik untuk penderita kanker. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply