Daftar Obat Batuk Untuk Bayi Yang Aman Dikonsumsi Si Kecil

0
D MauTips.com, Jakarta. Batuk terdiri dari dua jenis yakni batuk kering dan batuk basah. Batuk pada bayi juga bisa disertai dengan gejala lain seperti demam, radang tenggorokan, mata merah, hidung tersumbat, tidak nafsu makan, dan rewel. Selain itu bisa muncul bengkak pada kelenjar getah bening di bagian bawah lengan, leher, atau di bagian belakang kepala.

Pemberian obat batuk untuk bayi tidak boleh sembarangan, obat batuk yang dijual bebas jelas dilarang untuk dikonsumsi bayi. Berikut beberapa obat batuk untuk bayi yang aman diberikan untuk buah hati. Adapun obat yang dapat diberikan pada saat Si Kecil batuk antara lain Paracetamol Anak. Paracetamol bisa meredakan demam dan nyeri, namun tidak meringankan pembengkakan dan radang.

Takaran pemberian paracetamol yang tepat diberikan adalah setiap empat jam sampai enam jam sekali, dan tidak lebih dari empat kali dalam jangka waktu 24 jam. Ibuprofen Anak, Ibuprofen khusus untuk anak juga dapat menjadi obat batuk untuk bayi. Ibuprofen dapat mengurangi demam, nyeri tubuh, rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Ibuprofen cenderung sedikit lebih kuat dari pada paracetamol.

Baca Juga: Tips Resep Bikin Saus Ala Richeese Keju Banget Dan Lezat

Berikan ibuprofen tidak lebih dari tiga dosis dalam jangka waktu 24 jam, dan jarak waktunya tidak kurang dari 6 jam. Saline Drop, larutan tetes saline bisa digunakan untuk mengencerkan lendir yang kental sehingga mudah untuk dikeluarkan dan melegakan pernapasan bayi. Teteskan larutan saline ke lubang hidung bayi, lalu hisap lendir dengan menggunakan alat hisap lendir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply