Daftar Penyakit Paling Mematikan di Dunia, Menurut WHO

0
D MauTips.com, Jakarta. Beberapa penyakit paling mematikan di dunia ini sebenarnya sebagian dapat dicegah. Setiap orang tentu ingin terhindar dari terjangkit penyakit demi mempertahankan kesehatan tubuh. Kendati demikian, ada sejumlah penyakit paling mematikan di dunia yang bisa dialami jika tidak memperhatikan kesehatan secara penuh.

Berikut penyakit paling mematikan di dunia, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner
Penyakit paling mematikan di dunia adalah penyakit arteri koroner (CAD) atau disebut penyakit jantung iskemik. CAD terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit. CAD yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri dada, gagal jantung, dan aritmia.

Stroke
Stroke terjadi ketika arteri di otak Anda tersumbat atau bocor. Hal ini menyebabkan sel-sel otak yang kekurangan oksigen mulai mati dalam beberapa menit. Selama stroke, Anda tiba-tiba merasa mati rasa dan kebingungan atau mengalami kesulitan berjalan dan melihat. Jika tidak diobati, stroke dapat menyebabkan kecacatan jangka panjang.

Infeksi saluran pernapasan
Infeksi saluran pernapasan adalah infeksi pada saluran udara dan paru-paru Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh influenza, flu, radang paru-paru, bronkitis, dan tuberkulosis. Virus biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan bawah. Mereka juga dapat disebabkan oleh bakteri. Batuk adalah gejala utama infeksi saluran pernapasan bawah.

Penyakit paru obstruktif kronik
Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit paru-paru progresif jangka panjang yang membuat sulit bernapas. Tidak ada obat untuk PPOK, tetapi perkembangannya dapat diperlambat dengan pengobatan. Cara terbaik untuk mencegah PPOK adalah berhenti merokok dan menghindari asap rokok dan iritasi paru-paru lainnya.

Kanker trakea, bronkus, dan paru-paru
Kanker pernapasan termasuk kanker trakea, laring, bronkus, dan paru-paru. Penyebab utamanya adalah merokok, perokok pasif, dan polusi.

Diabetes melitus
Diabetes adalah sekelompok penyakit yang mempengaruhi produksi dan penggunaan insulin. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Penyebabnya tidak diketahui. Sedangkan pada diabetes tipe 2, pankreas tidak menghasilkan cukup insulin, atau insulin tidak dapat digunakan secara efektif.

Baca Juga: Minuman Untuk Sarapan Yang Bantu Turunkan Berat Badan

Alzheimer
Penyakit Alzheimer adalah penyakit progresif yang menghancurkan memori dan mengganggu fungsi mental normal. Ini termasuk pemikiran, penalaran, dan perilaku khas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply