Dampak Buruk Karang Gigi Yang Dibiarkan Menumpuk

0
D MauTips.com, Jakarta. Memiliki karang gigi jangan dianggap remeh, karena ada dampak berbahaya akibat menumpuknya kotoran tersebut di dalam mulut. Selain membuat gigi terlihat tidak bersih dan kuning saat sedang tersenyum, karang gigi juga memicu munculnya bau mulut yang tidak sedap.

Menumpuknya karang gigi disebabkan oleh adanya sisa makanan di sela gigi yang tertinggal lama dan tak dibersihkan. Lama-lama, sisa makanan yang bersedimentasi ini mengeras dan sulit dibersihkan dengan sikat gigi saja.

Berikut ini dampak buruk karang gigi yang mempengaruhi kesehatan diri.

Memicu bau mulut
Aroma tak sedap atau bau mulut terjadi karena pembusukan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Makin hari tentu tumpukan sisa makanan itu akan menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri. Hasilnya bau mulut akan Anda alami.
Gigi lubang
Adanya karang gigi juga memicu gigi berlubang dan keropos, disebabkan adanya zat asam yang merusak lapisan permukaan gigi. Zat asam ini dikeluarkan oleh karang gigi yang menumpuk.

Radang gusi
Gusi mudah sekali mengalami infeksi apabila kondisi gigi dan mulut kotor penuh bakteri. Dampaknya, gusi mudah berdarah, bernanah, dan turun hingga menampakkan akar gigi.

Baca Juga: Tips Bikin Mainan Slime Sederhana Tanpa Bahan Kimia

Periodontitis
Jika gusi turun, maka jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi mudah rusak. Gigi pun bisa lepas apabila akarnya rapuh. Bakteri akan makin merajalela dan dapat masuk hingga ke aliran darah hingga memicu penyakit yang lebih serius.

Karena itu jangan lupa untuk rutin menyikat gigi, serta membersihkan karang gigi yang mulai tumbuh agar tidak muncul masalah lainnya yang lebih parah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply