Dampak Buruk Kesepian Untuk Kesehatan Mental dan Fisik

0
D MauTips.com, Jakarta. Kesepian karena kesendirian akan membuat Anda merasa sedih. Tak cuma sedih, kesepian akan menyebabkan beragam masalah, salah satunya masalah kesehatan mental.

Merasa kesepian tak berarti selalu sendiri, namun kadang Anda bisa merasakan kekosongan dalam jiwa walau ada banyak orang yang berada dekat di sisi Anda. Ini tentu saja tidak nyaman dan akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun psikis. Jika Anda sering merasa kesepian, maka cobalah untuk mencari kegiatan yang dapat membuat pikiran dan fisik Anda jadi sibuk. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut maka mungkin terjadi masalah kesehatan pada diri Anda.

Berikut penjelasannya:

Risiko kematian meningkat
Kematian manusia memang hanya Tuhan yang tahu kapan akan datangnya, akan tetapi para ahli dapat memberi prediksi berdasarkan kondisi kesehatan seseorang. Menurut hasil studi dari Brigham Young University di Utah, Amerika Serikat, salah satu yang meningkatkan risiko kematian adalah kesepian.

Tingkatkan risiko depresi
Penelitian yang dilakukan di Amerika mengungkap bahwa kesepian akan meningkatkan risiko depresi. Tidak sembarangan mendiagnosa depresi, namun berdasarkan pedoman The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) milik American Psychiatric Association.

Tingkatkan risiko penyakit jantung
Kesepian yang disebabkan patah hati atau kehilangan orang yang dicintai dapat meningkatkan produksi hormon kortisol atau hormon stres. Pada jumlah besar hormon ini akan membuat jantung bekerja keras dan meningkatkan risiko sakit jantung.

Gangguan makan
Umumnya masalah gangguan makan yang terjadi adalah anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan binge eating disorder.

Baca Juga: Beragam Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Ketika Menguasai Bahasa Inggris

Kesepian meningkatkan risiko demensia
Penelitian mengungkapkan bahwa kesepian dikaitkan dengan masalah perhatian, fungsi kognitif, sampai risiko penyakit alzheimer. Orang-orang yang kesepian memiliki risiko 40 persen lebih tinggi untuk mengalami demensia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply