Definisi Apa Itu PMS (Premenstrual Syndrome) Artinya Adalah

0
D MauTips.com, Jakarta. Sindrom prahaid atau premenstrual syndrome, PMS adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala pramenstruasi yang dapat mengganggu beberapa aspek dalam kehidupannya. Gejala tersebut dapat diperkirakan dan biasanya terjadi secara regular pada dua minggu periode sebelum menstruasi.

Hal ini dapat hilang begitu dimulainya pendarahan, namun dapat pula berlanjut setelahnya. Pada sekitar 14 persen perempuan antara usia 20 hingga 35 tahun, sindrom pramenstruasi dapat sangat hebat pengaruhnya sehingga mengharuskan mereka beristirahat total. Gangguan kesehatan berupa pusing, depresi, perasaan sensitif berlebihan sekitar dua minggu sebelum haid biasanya dianggap hal yang wajar bagi wanita usia produktif.

PMS (Premenstrual Syndrome) memang kumpulan gejala akibat perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) dan haid. Sindrom PMS (Premenstrual Syndrome) akan menghilang pada saat menstruasi dimulai sampai beberapa hari setelah selesai haid. Sindrom PMS (Premenstrual Syndrome) biasanya lebih mudah terjadi pada wanita yang lebih peka terhadap perubahan hormonal dalam siklus haid.

Baca Juga: Testimoni Efek Samping Makan Biji Polokyo Tidak Berbahaya & Halal

Akan tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya PMS (Premenstrual Syndrome). Pertama, wanita yang pernah melahirkan (PMS semakin berat setelah melahirkan beberapa anak. Kedua, status perkawinan (wanita yang sudah menikah lebih banyak mengalami PMS dibandingkan yang belum). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply