Dengan Pola Makan yang Baik Bermanfaat Sehatkan Anak

0
Menjalankan pola makan sehat memang tak mudah, apalagi kalau selama ini kita terlanjur makan sesuka hati. Karena itu menerapkan pola makan sehat seharusnya dilakukan sejak usia dini. Walau tidak mudah, tapi membiasakan anak mengasup makanan sehat akan memiliki manfaat jangka panjang. Nutrisi yang baik merupakan cara terbaik.

Mencegah kelebihan berat badan dan obesitas yang kini banyak diderita anak. Dalam tahapan tumbuh kembangnya, anak perlu variasi nutrisi dengan porsi tertentu sesuai pedoman gizi. Akan tetapi selain nutirisi dalam menu makannya yang perlu jadi perhatian.

Pola makan anak juga harus dibentuk sedini mungkin. Agar anak cepat menyukai makanannya, sebaiknya menu makan anak disamakan dengan menu keluarga agar anak tidak cepat bosan.

Biasakan juga anak untuk sarapan sebagai persiapan energi sebelum beraktivitas. Sangat dianjurkan untuk melibatkan anak pada acara makan bersama. Melalui kegiatan ini anak bisa mengamati dan belajar tentang kebiasaan dan cara makan yang baik. Berat badan berlebih atau obesitas akan meningkatkan risiko anak menderita diabetes, tekanan darah tinggi, asma dan gangguan tidur.

Dengan Pola Makan yang Baik Bermanfaat Sehatkan Anak

Karenanya penting untuk mengajarkan anak membuat pilihan makanan yang sehat sejak dini. Pada awalnya mungkin anak tidak akan memilih makanan apa pun atau makan terlalu banyak. Menerapkan pola makan sehat di rumah bisa dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya saja, menyimpan buah-buahan di kulkas daripada biskuit sebagai camilan. Atau menyediakan jus buah 100 persen asli daripada minuman bersoda. Orangtua juga sebaiknya tidak menggunakan makanan sebagai hadiah atas sikap baik atau pencapaian lainnya. Cobalah untuk melakukan hal seperti membaca buku atau bermain game favorit anak bersama-sama. Orangtua perlu menetapkan contoh tentang kebiasaan makan yang sehat.

Dengan Pola Makan yang Baik Bermanfaat Sehatkan Anak

Sehingga anak-anak dapat melihat orangtuanya membuat pilihan pada makanan yang baik. Gizi seimbang berarti memperhatikan porsi makannya. Untuk anak-anak, berikan mereka tiga kali makan berat yang mengandung karbohidrat, protein, hingga vitamin dan mineral. Anak-anak harus dikenalkan dengan buah-buahan dan sayuran. Makanan kaya vitamin dan mineral ini juga dapat diberikan kepada anak sebagai camilan sebelum makan siang atau malam.

Baca Juga: Kurang Tidur Menyebabkan Tubuh Sensitif pada Rasa Sakit

Pola makan yang sehat dapat menjadikan tumbuh kembang anak optimal. Pertumbuhan yang baik tak hanya terjadi pada fisik anak, tetapi juga fungsi organ-organnya. Jika anak dibiarkan makan tidak teratur dan tidak bergizi seimbang, salah satu risikonya adalah anak mengalami obesitas.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply