Efek Bahaya Batuk Berdahak Saat Ibu Hamil

0
E MauTips.com, Jakarta. Obat Batuk Ibu Hamil ini bisa digunakan tapi harus dengan anjuran dokter dan tetap mempertimbangkannya saat ibu hamil ingin menggunakannya. Selama kehamilan, ibu hamil tidak boleh dianggap enteng masalah kesehatan. Batuk merupakan bentuk reaksi yang membuat tubuh sebagai reaksi terhadap benda asing untuk pergi ke tenggorokan atau sistem pernapasan.

Benda asing yang dapat lendir, bakteri, dan organisme menyebabkan reaksi alergi (alergen) serta benda-benda menyebabkan iritasi reaksi (ketidaknyamanan). Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil memang banyak mengalami perubahan. Tenggorokan Ibu hami akan lebih sering berlendir sehingga memicu terjadinya refleks berupa batuk. Apabila batuk terjadi secara terus-menerus atau kronis, barulah hal ini bisa terjadi masalah.

Selain perubahan pada tenggorokan, juga akan mengalami perubahan pada bentuk serta kapasitas rongga dada, karena terjadi pembesaran rongga perut. Pada ibu hamil batuk yang kuat dan keras dapat mengakibatkan timbulnya tekanan rongga dada yang kuat pada rongga perut. Inilah yang seringkali menyebabkan keluarnya air kemih atau kotoran secara spontan saat ibu hamil batuk. 

Baca Juga: Batuk Berdarah Tanda Indikasi Penyakit Apa?

Risiko yang paling mungkin terjadi akibat batuk berat pada kehamilan adalah timbulnya perdarahan. Keadaan ini biasanya terjadi pada kehamilan yang memang memiliki riwayat keguguran, kehamilan beresiko tinggi, kehamilan kembar, dan kehamilan yang sulit karena ada riwayat ketidaksuburan. Selain itu bila batuk berat kemungkinan besar ibu hamil akan merasakan sesak napas dan sakit pada bagian bawah perut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply