Efek Buruk Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

0
E MauTips.com, Jakarta. Karena alasan praktis dan hemat sehingga masih sering mencuci muka dengan sabun mandi batangan. Apalagai hal itu biasanya hal itu dilakukan sambil mandi. Namun ternyata kebiasaan tersebut akan memberi dampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Biasanya kaum pria yang sering melakukannya, mencuci muka dengan menggunakan sabun mandi. Agar tidak jadi kebiasaan yang merugikan berikut informasi efek buruknya.

Sel kulit wajah rusak
Kulit wajah lebih sensitif dibanding bagian kulit tubuh lain. Sel kulit sensitif tersebut akan mudah sekali rusak jika sering dibersihkan dengan sabun mandi karena bahan kimia pembuat sabun untuk tubuh sifatnya keras.

Kulit tak bercahaya
Sabun mandi memicu kulit kehilangan vitamin esensial sehingga kulit menjadi kusam dan terlihat tak sehat.

Kulit jadi kering
Kulit wajah menghasilkan minyak alami untuk melembabkan permukaannya. Jika Anda memakai sabun batangan maka pelembab alami itu akan langsung hilang tersapu bahan kimia pembersih di dalam sabun. Hasilnya kulit akan berubah kering, dan mudah terjadi penuaan dini.

Jerawat
Karena sabun mandi juga dipakai untuk bagian tubuh lain, maka penyebaran bakteri dan mikroba lebih mudah terjadi di kulit wajah. Hasilnya ia akan mudah menjadi jerawat dan meradang.

Baca Juga: Beberapa Alasan Si Kecil Perlu Dibiarkan Makan Sendiri

Menutup pori
Sabun mandi biasanya mengandung fatty acid atau asam lemak, yang dapat menutup pori kulit wajah. Hasilnya komedo lebih mudah tumbuh subur di bagian wajah yang memproduksi lemak, misal ujung hidung, juga dagu dan pipi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply