Empat Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Kesehatan Jantung, Penelitian Terbaru!

0
E MauTips.com, Jakarta. Sebelumnya penelitian yang diunggah di jurnal Heart menemukan risiko menderita stroke pada orang yang mengonsumsi telur setiap hari berkurang 26 persen. Risiko meninggal karena stroke berkurang 28 persen dan risiko meninggal karena kardiovaskular juga menurun 18 persen. Selain itu, kemungkinan berkembangnya penyakit jantung sistemik juga berkurang 12 persen.

Para peneliti percaya mengonsumsi telur berhubungan dengan berkembangnya penyakit jantung meskipun penyakit itu juga disebabkan oleh beberap faktor lain seperti merokok dan obesitas. Pro dan kontra mengenai dampak kopi terhadap tubuh terus berkembang. Sebelumnya, kopi disebut berpotensi meningkatkan risiko penyakit kanker. Namun, penelitian terbaru menyebut kopi bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian yang baru saja dipublikasikan di PLOS Biology menyimpulkan mengonsumsi empat cangkir kopi dalam sehari dapat membantu sel kardiovaskular dari kerusakan. Para peneliti dari Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute, Environmental Medicine di Düsseldorf, Jerman menemukan kafein dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh arteri dan vena.

Sehingga dapat memperkuat kemampuan sel untuk memperbaiki diri. Dalam studi yang dikembangkan pada tikus, peneliti menemukan kafein dapat melindungi kerusakan jantung pada tikus pra-diabetes, obesitas, dan tikus tua.

Menurut studi itu, kafein menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria. Alhasil, pergerakan itu dapat melindungi sel-sel otot jantung dari kematian sel dan membantu memperbaiki otot jantung.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mulai Periksa Kesehatan Jantung?

Hasil studi menunjukkan aksi baru terhadap kafein yang melindungi dan memperbaiki otot jantung melalui aksi mitokondria p27. Peneliti menjelaskan hasil ini dapat menjadi salah satu strategi untuk melindungi jantung dari kerusakan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply