Gejala Terlalu Banyak Minum Air Putih dan Akibat Fatalnya

0
G MauTips.com, Jakarta. Air putih memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Bahkan di Jepang, sebagian masyarakatnya rutin melakukan ritual minum air putih setelah bangun tidur dalam kondisi perut masih kosong. Hal ini dipercaya akan membuat kulit lebih halus dan badan lebih langsing. Beberapa penelitian memang telah membuktikan bahwa minum air putih memang memberi banyak dampak positif bagi tubuh kita.

Menjaga tubuh untuk selalu terhidrasi atau cukup cairan memang sangat penting. Tubuh yang terhidrasi menghindarkan seseorang dari berbagai efek berbahaya seperti menurunnya konsentrasi, pengentalan darah, hingga sakit ginjal. Namun sebaliknya, jika tubuh terlalu banyak diasupi cairan sama juga bahayanya. Overhidrasi dapat pula menyebabkan masalah yang fatal. Penyebab overhidrasi kebanyakan akibat sering minum melampaui batas. Jika pemenuhan cairan dilakukan dengan cara demikian, akibat yang fatal adalah dapat mengalami gangguan kesadaran.

Biasanya overhidari dialami oleh orang-orang dengan kondisi tertentu seperti mengalami gangguan ginjal, gangguan kejiwaan yang menjadikannya sering haus, hingga gangguan kelaiann hormone vasopressin yang menyebabkan terhambatnya pengeluaran cairan tubuh.

Kejadian overhidrasi yang menjadikan seseorang meninggal pernah terjadi di Amerika Serikat ketika dilangsungkan lomba minum air sebanyak-banyaknya. Korban diketahui mengalami kelebihan cairan yang menyebabkan cairan di luar sel tubuh mengalami peningkatan tidak terkendali.

Baca Juga: Hal Sepele Yang Bikin Pori Pori Kulit Wajah Tersumbat Kotoran

Elektrolit tubuh berkurang sehingga mengganggu keseimbangannya. Jika overhidrasi masih ringan dapat diterapkan proses pengurangan cairan agar natrium normal kembali. Tapi jika cairan tubuh terlalu berlebihan atau berat, dapat ditambahkan natrium untuk mendapatkan penormalan natrium dalam darah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply