Gejala yang Harus Diwaspadai Sebagai Pertanda Kanker Anak

0
G MauTips.com, Jakarta. Pada momen ‘Hari Kanker Anak Sedunia’ yang jatuh setiap tanggal 15 Februari ini, mari lebih mengenal beberapa tanda-tanda yang bisa menjadi petunjuk adanya kanker bersarang pada sang buah hati. Kanker anak banyak yang terdeteksi pada stadium lanjut.

Memang perlu pemeriksaan lebih lanjut (dan semoga bukan kanker), akan tetapi deteksi dini dibutuhkan guna kanker berkembang pada stadium yang semakin berat. Leukemia atau yang sering salah ditulis leukimia adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang anak Indonesia. Posisi kedua ditempati oleh retinoblastoma atau kanker bola mata. Namun bukan tidak mungkin kanker jenis lainnya menyerang anak. Berikut ini beberapa gejala yang patut diwaspadai sebagai pertanda kanker anak.

Perut membesar
Benjolan pada area mana pun harus diwaspadai termasuk di dalamnya benjolan pada perut. Akan tetapi seringkali sulit ketika anak tersebut memang memiliki perut yang besar. Terlebih, rasa sakit biasanya baru muncul ketika massa belum mendesak usus.

Mata kucing
Kanker pada anak ada banyak, tapi pada anak yang paling menyebabkan kematian pertama leukemia, kedua retinoblastoma. Ciri-ciri dari retinoblastoma yang paling khas adalah mata kucing. Mata kucing maksudnya kalau magrib-magrib berpendar seperti mata kucing.

Memar
Namanya juga anak-anak, mereka sangat aktif dan gemar belajar hal-hal baru seperti bersepeda, olahraga, dan lainnya. Jadi, biasa bagi mereka untuk jatuh, melukai diri sendiri sehingga timbul memar. Yang jadi masalah, ketika Anda menyadari bahwa anak Anda sangat mudah mengalami memar, bahkan sekali pun dengan benda yang lembut, dan terjadi terlalu sering, maka itu bisa menjadi tanda adanya leukemia.

Baca Juga: Terlalu Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Bisa Picu Kanker

Gejala lainnya
Kalau gejalanya umum, dimiliki penyakit-penyakit lain. Intinya dia ada pucat, anemia, sering mengalami infeksi karena tertekan itu neutrofil jadi dia panas-panas, atau nyeri tulang, dan lain-lain. tapi ingat itu juga dimiliki penyakit lain. Karena itu, seringkali orangtua dan si anak tidak peka bahwa tanda yang ada adalah gejala kemunculan kanker. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply