Gurah Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

0
G MauTips.com, Jakarta. Gurah merupakan salah satu metode pembersihan hidung yang menggunakan ramuan obat herbal. Biasanya setelah menjalani metode gurah, seseorang akan mengeluarkan lendir yang teramat banyak dari rongga hidungnya.

Terapi gurah dalam masyarakat kita sudah sangat terkenal dengan cara pengobatannya. Gurah adalah terapi untuk mengeluarkan kotoran lendir tang berada di tubuh manusia. Dengan cara memasukkan obat yang telah diramu ke dalam rongga hidung maupun mulut. Terapi gurah berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti polip, bronkitis, sinus, asma, flu atau juga mengatasi suara menjadi lebih halus dan lembut. Dalam terapi gurah sudah dilakukan sejak jaman dahulu, pengobatan ini biasa dilakukan di pesantren. Kegiatan gurah dilakukan umumnya dilaksanakan di pondok pesantren untuk jenis gurah hidung. Hal ini biasa dilakukan untuk santri yang membaca ayat suci Al-Quran untuk menghasilkan suara yang baik dan merdu. Jaman yang semakin canggih tekah banyak para peneliti melakukan penelitian mengenai gurah dan mendapatkan manfaat dan khasiat yang baik.

Maka dari itu berkembang pula jenis gurah yang awalnya hanya gurah hidung saja. Berikut adalah jenis jenis gurah yang semakin banyak:

Gurah hidung
Terapi gurah hidung dilakukan dengan cara meneteskan ramuan herbal kedalam lubang hidung. Setelah itu pasien akan tengkurap agar lendir kotor dapat keluar dengan sendirinya. Gurah hidung sangat berguna untuk membersihkan napas serta mengatasi masalah seperti penyakit paru, TBC, sakit kepala, stress, gampang pusing, pilek, asma, dan sebagainya.

Terapi gurah vagina
Gurah mengalami perkembangan dari awalnya hanya membersihkan daerah hidung dan tenggorokkan. Saat ini organ yang dapat menghasilkan lendir dapat digurah termasuk juga dengan vagina. Dengan gurah vagina maka dapat mengatasi keputihan atau menurunkan produksi lendir yang berlebihan agar mendapatkan sensasi keset yang lebih terasa.

Dalam dunia medis mengenai masalah keamanan tidak ada dampak buruk untuk gurah. Karena bahan yang digunakan untuk gurah adalah alami seperti daun srigunggu yang sudah di ekstrak.pada tahun 2005 seorang ahli media yaitu Prof. Dr. Soepomo Soekardono pernah memberikan kesimpulannya mengenai terapi gurah.

Baca Juga: Bekam, Mengenal Manfaat dan Efek Samping

Prof. Dr. Soepomo Soekardono menjelaskan bahwa gurah dengan ekstrak dari daun srigunggu sangat baik dan dapat meredakan tanda-tanfa rinosinusitis kritis seperti flu yang berlebihan, dan juga hidung yang tersumbat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply