Hal Ini Pemicu Dilakukannya Tindakan Caesar Pada Ibu Hamil

0
H MauTips.com, Jakarta. Ada beberapa faktor yang memicu diambilnya keputusan untuk operasi sesar. Alasannya tentu adalah karena persalinan normal bisa membahayakan jiwa ibu dan janin. Tindakan Caesar dilakukan oleh dokter bukan tanpa sebab. Ibu hamil tentu rata-rata menginginkan persalinan normal, akan tetapi kadang harapan mereka harus berhadapan dengan fakta kondisi yang tidak memungkinkan.

Berikut faktor yang menyebabkan dilakukannya operasi caesar adalah berikut ini.

Gawat janin
Ini merupakan kondisi saat janin sudah tidak lagi menerima oksigen yang cukup dan mengalami hipoksia. Tandanya adalah denyut jantung janin melemah, dan bisa merembet kepada komplikasi lain. Penyebab lainnya adalah air ketuban yang tercemar tinja janin sehingga berbahaya baginya.

Prematur
Persalinan yang belum cukup waktunya juga memicu operasi caesar. Bayi belum masuk pada posisi siap lahir di panggul, menyebabkan berbahaya jika harus lahir normal.

Kembar 3
Kehamilan kembar juga bisa jadi alasan dokter melakukan operasi caesar. Apalagi kembar yang lebih dari 2, dengan posisi bayi yang tidak memungkinkan untuk lahir normal.

Preeklampsia
Dipicu oleh tekanan darah bumil saat kehamilan, bayi beresiko tidak mendapat cukup oksigen dan plasenta sulit menyalurkan darah ke janin.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Manfaat Sehat Sereal untuk Sarapan Bergizi

Letak Plasenta
Letak plasenta yang tidak normal, plasenta berpisah dari dinding rahim, juga memicu operasi caesar. Kondisi ini bisa muncul trisemester ketiga, dan dokter atau bidan biasanya dapat mengetahuinya.

Posisi janin
Posisi sungsang adalah penyebab lain dilakukannya persalinan dengan operasi. Bayi biasanya berada horisontal dari jalan lahirnya, sehingga sulit lahir normal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply