Hilang Fokus dan Mudah Lupa? Waspada Gejala Brain Fog

0
H MauTips.com, Jakarta. Brain fog adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan kondisi sulit konsentrasi dan tidak fokus, mudah terdistraksi, pelupa, dan gangguan proses berpikir lainnya. Mudah hilang fokus di tengah aktivitas, tak ingat alasan masuk ke kamar tidur, atau lupa di mana menaruh kunci motor?

Waspada, pakar menyebut hal-hal tersebut bisa jadi gejala brain fog. Brain fog memang bukan istilah medis, namun serangkaian fenomena pada otak yang dahulu diasosiasikan dengan bertambahnya usia. Gejala utama brain fog adalah mudah lupa dan mudah kehilangan fokus saat sedang beraktivitas. Penyebab brain fog sendiri sangat beragam.

Brain fog bisa terjadi karena kurang tidur, stres, pengaruh hormon hingga pola makan dan kekurangan vitamin dan mineral. Berkaitan dengan depresi yang dialami, hal ini juga perlu menjadi perhatian. Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari seorang yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari atau hilangnya fungsinya sebagai individu.

Berkaitan dengan brain fog, berikut ini adalah tips agar tidak mudah lupa.

Coba latih otak Anda tetap aktif dengan melakukan latihan yang mengasah otak seperti mengisi teka-teki silang, bermain scrable, puzzle, menulis, berlatih musik, dll.

Latihan mengingat. Cobalah ingat dan sebutkan beberapa kali nama orang setelah perkenalan atau cobalah mengingat angka.

Fokuskan perhatian. Terlalu banyak yang dipikirkan atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu (multi-tasking) dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan tidak fokus. Cobalah fokus dan kerjakan satu persatu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: Tips Pilih Mainan Aman Bagi Anak Membantu Meningkatkan Kreativitas

Kemampuan untuk berkonsentrasi dan berfokus juga dapat dilatih dan dibantu dengan makanan dengan nutrisi yang baik dan seimbang. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply