Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Otak Jadi Tak Sehat

0
H MauTips.com, Jakarta. Tahukah Anda bahwa apa yang Anda konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan otak. Kalau otak sehat, kita bisa berpikir, bergerak, dan bertindak dengan cara yang sehat pula. Kesehatan otak bisa dijaga agar tetap baik melalui pola hidup dan pola makan sehat yang kaya nutrisi serta asam lemak omega 3.

Organ ini vital sekali fungsinya bagi manusia karena ia yang mengontrol sebagian besar aktivitas tubuh, termasuk pikiran, ingatan, dan ucapan serta gerak. Sayangnya, kadang manusia secara tak sengaja sering melakukan kebiasaan yang ternyata malah bisa merusak dan bikin otak jadi makin tak sehat. Rusaknya otak bisa berakibat fatal bagi kehidupan seseorang karena ia akan mempengaruhi pikiran, ingatan, sensasi, bahkan kepribadian. Secara alami memang performa otak akan makin menurun saat bertambah tua.

Namun tentu tak ada yang ingin menjadi tua dengan kualitas hidup yang buruk. Jadi jaga kesehatan otak dengan menjauhi beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat kesehatan otak makin menurun seperti berikut ini.

Terlalu banyak konsumsi gula

Makanan manis memang lezat di awal, namun dapat memicu banyak masalah di akhir. Untuk kesehatan otak, efek negatifnya adalah dapat menurunkan performa memori dan kemampuan kognitif. Jadi demi kebaikan jangka pendek dan jangka panjang, makanan manis harus dikurangi agar kesehatan secara keseluruhan dapat terjaga.

Tidak sarapan

Kebiasaan tidak mau sarapan banyak dimiliki orang yang sibuk dan repot di waktu pagi. Padahal penelitian mengungkap bahwa tidak makan pagi dapat membuat otak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktifitas.

Memakai ponsel berlebihan

Penelitian All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) mengungkap bahwa risiko munculnya tumor otak lebih besar akibat paparan jangka panjang radiasi ponsel. Tidak hanya itu, pengguna ponsel lebih mungkin mengalami gangguan tidur dan gejala depresi.

Kurang tidur

Alasan dari kurang tidur bisa beragam, mulai dari bekerja, beraktifitas lain di malam hari, atau memang mengalami insomnia. Efek buruk dari kurang tidur juga tak bisa dianggap remeh, karena sebuah studi yang dilakukan WHO menyebut bahwa kurang tidur mampu memicu kerusakan pada otak dan mengakibatkan kehilangan ingatan. Jangka panjangnya adalah bisa mengalami Alzheimer. Mengapa demikian, karena otak juga butuh waktu istirahat dan membersihkan diri dari racun yang ada.

Baca Juga: Tanaman Menurut Mitos Punya Kekuatan Gaib Ternyata Kaya Manfaat

Makan berlebihan
Konsumsi makanan berlebihan bukan saja menyebabkan obesitas, namun juga menurunkan performa otak. Hal itu diungkap oleh studi American Academy of Neurology, yang menyarankan pembatasan kalori pada makanan seseorang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply