Hindari Makanan Ini Agar Perut Nyaman Bebas Kembung

0
H MauTips.com, Jakarta. Perut kembung disebabkan oleh proses pencernaan yang tak semestinya. Karena tak bisa mencerna beberapa kandungan bahan makanan, tubuh memfermentasi kandungan tersebut menggunakan bakteri. Berikut makanan yang sebabkan perut kembung. Produk susu seperti keju dan susu sapi bisa picu kembung terutama jika sensitif atau alami intoleransi laktosa.

Laktosa sendiri adalah gula alami yang ditemukan pada produk susu. Brokoli dan jenis sayuran cruciferous lain seperti kembang kol dan kubis memang menyehatkan karena tinggi kandungan folat, vitamin C dan serat. Tetapi sayuran ini juga mengandung raffinose, jenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah tubuh karena kita kekurangan enzim untuk memprosesnya.

Akhirnya, raffinose difermentasi oleh bakteri. Makanan tinggi sodium, gurihnya keripik kentang dan makanan asin lainnya memang enak dilahap. Tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya kalau tak ingin perut kembung. Pasalnya secara alami tubuh akan menahan air saat makan terlalu banyak garam.

Semangka buah tinggi kandungan air ini ternyata bisa sebabkan kembung. Bukan air yang memicunya tetapi fruktosa, kandungan gula alami pada semangka. Banyak orang tidak bisa memproses fruktosa sehingga masalah kembung tak terelakkan. Legume atau tumbuhan polong seperti kacang merah, peas, lentil dan kedelai tinggi kandungan serat dan protein namun sulit dicerna.

Baca Juga: Daftar 4 Zodiak Yang Paling Berbakat Jadi Bos

Ini karena jenis serat yang ada susah diserap tubuh. Membuat bakteri usus yang harus bekerja memprosesnya. Hal inilah yang memicu kembung. Kopi juga bersifat asam sehingga bisa membuat perut bengkak dan mengiritasinya untuk mereka yang sensitif. Hal ini bertambah parah bagi penderita intoleransi laktosa saat kopi ditambahkan susu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply