Ini Alasan Semangka Tak Baik Dikonsumsi Malam Hari

0
I MauTips.com, Jakarta. Semangka yang berwarna merah mengandung tinggi kandungan lycopene. Dalam 100 gram, semangka punya kandungan energi sebesar 30 Kkal sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk menunjang penurunan berat badan. Semangka yang renyah kaya air punya manfaat kesehatan. Namun agar dapat terserap optimal, semangka tak boleh dikonsumsi malam hari.

Semangka terdiri dari 94 persen air, lycopene, kalium dan beberapa nutrisi lain. Semangka juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Akan tetapi konsumsi semangka di malam hari sebelum tidur tidak dianjurkan. Dokter tidak merekomendasikan konsumsi semangka atau buah-buahan lain setelah jam 7 malam. Semangka mengandung sedikit asam yang jika dikonsumsi pada malam hari, dapat menunda proses pencernaan ketika tubuh sedang tidak aktif.

Dokter menganjurkan agar semangka dikonsumsi siang hari sekitar pukul 12 sampai jam 1 siang karena pencernaan sedang aktif. Proses pencernaan di malam hari lebih lambat. Sehingga dianjurkan untuk menghindari gula dan makanan asam. Mengonsumsi semangka sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur karena akan sering buang air kecil.

Baca Juga: Resiko Efek Negatif Menggunakan Kuteks Kuku

Walaupun begitu, buah semangka memiliki banyak manfaat seperti segarkan tubuh saat siang hari, baik untuk kesehatan mata dan juga menjaga kestabilan tekanan darah. Agar rasanya semakin enak dan menyegarkan, di siang hari bisa meracik semangka dengan tambahan jeruk nipis. Racikan minuman ini dapat membantu menyegarkan tubuh, menenangkan pencernaan dan juga detoksifikasi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply