Ini Alasan Siklus Menstruasi Sering Bikin Payudara Sakit

0
I MauTips.com, Jakarta. Siklus haid memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seorang wanita. Dari sejak dimulainya masa pubertas sampai dengan dimulainya masa menopause, seorang wanita pasti akan secara rutin mengalami siklus haid setiap bulan. Namun bagi sebagian wanita, siklus haid ini harus dihadapi dengan sedikit siksaan pada organ tubuh tertentu termasuk salah satunya adalah payudara.

Tidak sedikit wanita yang mengalami rasa nyeri pada payudara menjelang datangnya menstruasi atau haid. Bahkan beberapa di antaranya sering merasakan rasa nyeri seperti ditusuk jarum. Payudara menjadi besar, bengkak dan terasa berat. Bengkak dan nyeri pada payudara adalah gejala utama dari premenstrual. Rasa nyeri tersebut memang tak nyaman, anda juga akan merasakan jaringan payudara menjadi padat dan kasar.

Namun, tidak semua perempuan mengalami rasa sakit pada payudara menjelang menstruasi. Dalam dunia medis, nyeri payudara yang dialami seorang wanita saat haid disebut dengan istilah siklus mastalgia. Menurut para ahli, kondisi ini sangat berhubungan dengan fluktuasi hormonal yang terjadi pada saat haid.

Penyebabnya adalah kadar hormon progesteron dan estrogen yang sedang naik. Efek dari naiknya progesteron, maka kelenjar susu dan saluran payudara akan membengkak. Hal ini yang menyebabkan nyeri, bahkan bisa sampai terasa ke lengan dan ketiak. Akan terjadi pula perubahan mood, nyeri rahim saat haid, dan keluhan lain yang bisa berbeda pada tiap wanita.

Baca Juga: Tips Anjuran untuk Nasabah, Kasus Uang di Rekening BRI Hilang Misterius

Minum obat pereda nyeri boleh dilakukan. Olahraga bisa membantu meredakan nyeri, demikian juga pemakaian bra yang tepat. Konsumsi banyak buah dan sayur yang kaya antioksidan agar kondisi nyeri payudara tak banyak mengggangu. Minum air putih dengan jumlah ideal yakni 1,5 liter sampai 2 liter per hari pun bisa membuat tubuh lebih terasa segar dan ringan. Selebihnya rasa nyeri itu akan hilang seiring berjalannya waktu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply