Ini Bahaya Diabetes yang Tak Terkontrol, si Silent Killer!

0
I MauTips.com, Jakarta. Kabar duka datang dari dunia hiburan musik tanah air. Bassist Kerispatih, Andika meninggal dunia karena diabetes pagi tadi. Kondisi kesehatan Andika dikabarkan menurun belakangan ini. Andika meninggal dunia saat ia sedang tidur. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak mengenal gender. Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki risiko terkena penyakit ini. Tiap tahunnya jumlah pasien diabetes terus meningkat.

Banyak yang tidak sadar jika sedang mengalami diabetes dan cenderung mengabaikan gejalanya. Bahayanya jika terabaikan dan jadi tak terkendali, kondisi ini akan mempercepat timbulnya komplikasi, baik komplikasi yang sifatnya akut maupun kronis. Contoh komplikasi akut adalah ketika gula darah pasien terlalu rendah atau tinggi sehingga darahnya menjadi asam, dan kondisi ini ternyata dapat memicu kematian secara mendadak. Banyak orang tak sadar bahwa dirinya terkena penyakit diabetes. Begitu datang berobat ternyata sudah parah bahkan disertai dengan komplikasi.

Agar tak cepat memburuk, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke ahli medis atau juga bisa mengenali dengan baik tanda-tanda diabetes. Seseorang yang malas bergerak atau melakukan aktivitas fisik, ditambah lagi dengan adanya riwayat diabetes dari keluarga maka kemungkinan berisiko lebih besar. Orang tua yang diabet, tentu memberikan resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabet. Tetapi bukan faktor itu saja.

Terutama faktor obesitas. Justru faktor obesitas lebih tinggi menyebabkan diabet. Penyakit ini dianggap silent killer memang benar adanya. Tidak langsung menyebabkan kematian tetapi komplikasi yang dihasilkan dari diabetes ini bisa menurunkan kualitas hidup seseorang hingga berakhir dengan kematian. Komplikasinya gangguan pembuluh darah seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan.

Baca Juga: Inilah Fungsi Awal Dibuatnya Kantong Kecil di Saku Jeans

Yang paling tinggi resikonya adalah serangan jantung. Kurang lebih 60 persen kemungkinannya. Komplikasi dari diabetes ini bisa menyerang hampir seluruh organ tubuh manusia. Namun demikian, jika pasien diabetes bisa mengontrol kadar gula darahnya dengan baik, maka komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit ini bisa dicegah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply