Ini Efek Samping Minum Obat Dumolid Secara Rutin

0
I MauTips.com, Jakarta. Dumolid sesungguhnya merupakan merk dagang bagi nitrazolam. Untuk diketahui jika nitrazolam ini adalah obat yang masuk ke dalam golongan benzodiazepine. Dimana dimanfaatkan dalam mengatasi gangguan tidur, ansietas berat, serta gangguan panik.

Jika seseorang hendak membeli obat yang masuk ke dalam golongan benzodiazepine membutuhkan resep dokter, tidak dijual bebas. Karena jenis obat ini dapat menyebabkan tingkat kecanduan tinggi, jadi harus digunakan dengan ekstra hati-hati. Nama obat dumolid banyak disebut sejak dua artis senior yakni Tora Sudiro dan Mieke Amalia diketahui mengonsumsinya. Keduanya harus berurusan dengan pihak berwajib karena hal tersebut.

Obat tersebut termasuk obat daftar G yang tak boleh dikonsumsi sembarangan, melainkan harus dengan resep dokter. Dumolid adalah obat tidur untuk mengatasi penyakit insomnia akut. Namun beberapa ahli juga memasukkannya dalam kategori narkoba yang pemakaiannya berbahaya. Sebagai obat tidur, dumolid mengandung bahan aktif Nitrazepam.

Zat ini akan memengaruhi kerja otak agar mengirim pesan kepada tubuh, bahwa tubuh kemudian akan rileks dan mengantuk. Dalam dosis yang berlebih, obat tidur akan berbahaya dan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Dumolid mempengaruhi kerja otak dan fungsi syaraf sehingga jadi tak normal.

Baca Juga: Alasan Mengapa Orang Sering Ketagihan Makan Kentang Goreng?

Gejala bahwa sudah terkena efek samping negatif dari dumolid adalah rasa pusing yang hebat, serta mual dan muntah. Perut akan terasa kembung, lemas, dan gerakan tubuh menjadi goyah. Dalam pemakaian dosis berlebih maka dapat membuat tubuh keracunan serta terjadi masalah hati/liver yang bertugas membersihkan berbagai zat kimia itu dari dalam tubuh. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply