Ini Manfaat Pijat untuk Kesehatan

0
I MauTips.com, Jakarta. Terapi pijat secara sistematis dan strategis memanipulasi jaringan lunak tubuh manusia untuk menghasilkan keadaan rileks, serta mengurangi masalah seperti rasa sakit, ketidaknyamanan, kecemasan dan kelelahan.

Setelah sekian lama bekerja di rumah alias work from home (WFH), Anda mungkin mulai merasa tubuh pegal-pegal karena lebih jarang bergerak. Kalau sudah begini, tentu Anda membayangkan sesi pijat dengan minyak aroma terapi yang menenangkan. Ada beragam jenis pijat termasuk self-massage alias memijat diri sendiri baik dengan bantuan alat atau memanfaatkan tangan Anda. Apapun jenisnya, pijat mampu membawa berbagai manfaat buat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat pijat untuk kesehatan.

1. Melepas stres
Bagi sebagian orang, pijat mampu membuat tubuh rileks dan stres berkurang. Pijat, menjadi terapi relaksasi yang umum digunakan. Langkah selanjutnya adalah menguji apakah intervensi singkat lainnya seperti latihan pernapasan dan meditasi, menunjukkan hasil relaksasi psikologis dan fisiologis yang serupa.

2. Bantu mengatasi konstipasi
Masalah pencernaan termasuk konstipasi rupanya mampu diatasi dengan pijat. Pijat pun mampu meredakan rasa tidak nyaman pada perut. Pijat pada bagian abdomen membantu menggerakkan usus. Ini sangat berguna pada pasien yang menjalani operasi konstipasi sehingga bisa merasa lebih baik.

3. Meredakan sakit kepala
Pijat mampu meredakan sakit kepala terutama sakit kepala karena ketegangan. Sakit kepala seperti ini biasanya berupa nyeri ringan yang digambarkan sensasinya mirip kepala yang terikat kencang. Ini sakit kepala yang paling umum terjadi. Pijat mampu meredakan ketegangan otot di kepala, leher dan pundak.

4. Pemulihan otot tegang
Otot yang tegang, sakit, nyeri bahkan meradang bisa diredakan dengan pijat. Pijat membantu mengalirkan darah pada area otot yang sakit sehingga mempercepat pemulihan. Pijat bisa menggunakan minyak gosok sehingga memberikan sensasi hangat dan nyaman sekaligus meredakan ketegangan otot.

5. Meredakan sakit pada persendian
Pijat akan membantu mengalirkan darah ke area persendian dan meredakan rasa sakit meski bersifat sementara. Saat melakukan pijat dengan tenaga profesional, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda sehingga pijat tidak memperparah kondisi nyeri.

6. Memperlancar sirkulasi darah selama kehamilan
Pijat akan membantu ibu lebih rileks dan meningkatkan sirkulasi darah. Posisi pijat disarankan berbaring dan tubuh miring.

Baca Juga: Tips Membuat Kucing Bahagia dan Tidak Stres

7. Manajemen rasa sakit pada pasien fibromyalgia
Orang dengan fibromyalgia kerap merasakan sakit hebat saat tidur juga mood yang berubah-ubah. Pijat memang tidak bisa menyembuhkan penyakit ini tetapi bisa membantu memanajemen rasa sakit sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply