Ini Yang Harus Dilakukan Orangtua saat Anak Terkena Leukemia

0
I MauTips.com, Jakarta. Penanganan terhadap penderita kanker darah atau leukemia kini semakin baik. Dengan terapi yang rutin, penderita leukemia bisa memperpanjang usianya. Leukemia yang ganas pun bisa dijinakkan dengan terapi rutin. Terapi rutin yang dilakukan umumnya adalah kemoterapi. Di awal, kemoterapi ini memberikan efek samping seperti muntah, nyeri pada sendi, dan rambut rontok.

Pengobatan yang lebih dini tidak hanya menyembuhkan penderita leukemia tapi kini dokter juga tengah berupaya si pasien bisa menjalani kehidupan seperti orang normal. Leukemia merupakan penyakit kanker darah yang mempengaruhi sumsum tulang belakang dan produksi sel darah putih. Meskipun penyakit ini lebih banyak dialami oleh orang usia lanjut (di atas 60 tahun), namun leukemia akut justru lebih banyak terjadi pada anak-anak. Leukemia terjadi karena proses pembentukan sel darahnya tidak normal.

Leukemia akut memiliki sel-sel yang belum matang (sel blast) yang berkembang dengan cepat dan biasanya terjadi pada anak-anak. Jika tidak segera ditangani, leukemia akut ini dapat menjadi penyakit yang fatal dalam beberapa bulan.

Berbeda dengan leukemia akut, leukemia menahun lebih banyak dialami oleh orang dewasa dan perkembangannya lebih lambat. Umumnya, gejala leukemia diawali dengan anemia (lemah, letih, lesu), infeksi dan beberapa pendarahan.

Gejala lainnya yaitu turunnya berat badan secara drastis, sakit tulang, sesak nafas, pembesaran limfa dan perut terasa tidak nyaman. Setiap orangtua tentu merasa sedih ketika anaknya sakit, begitu pun dengan penyanyi Denada Tambunan, yang mengetahui putri semata wayangnya didiagnosis mengidap Leukemia.

Putri cantiknya, Shakira Aurum sudah setengah bulan lalu menjalani perawatan intensif di National University Hospital, Singapura. Penanganan setelah adanya kepastian diagnosis leukimia yang paling utama adalah melakukan kemoterapi. Selama kemoterapi, anak harus dihindarkan dari risiko infeksi.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bermanfaat Pudarkan Noda Hitam pada Kulit

Selain itu, kemoterapi juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak nyaman sehingga gejala-gejala yang muncul harus disampaikan kepada tim dokter agar dapat ditangani juga. Disarankan agar orangtua perlu memberikan dukungan penuh dan mendampingi anak karena kemoterapi merupakan pengobatan yang membutuhkan waktu lama. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply