Inilah Akibat Kalau Remaja Berlebihan Mengkonsumsi Kafein

0
I MauTips.com, Jakarta. Mengkonsumsi kafein memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Seperti merangsang sistem saraf pusat yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu zat yang terkandung dalam kopi, teh, dan soda ini membantu tubuh tetap terjaga. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein justru bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Mempengaruhi kesehatan jantung, dengan kafein masuk dalam tubuh, detak jantung akan meningkat dan sistem syaraf bekerja. Merangsang produksi asam lambung, Bila kita sering mual saat minum kopi pada pagi hari itu merupakan tanda bahwa asam lambung meningkat. Hal ini terjadi karena minum kopi saat perut kosong akan merangsang produksi asam klorida yang membuat mual.

Selama ini kopi dianggap minuman kaum lelaki, padahal jelas kopi tak bergender dan manfaat kopi baik untuk siapa saja. Untuk perempuan banyak sekali manfaat kopi yang baik untuk kesehatan. Jadi jika masih ragu soal kopi, berikut ada empat alasan kenapa perempuan harus minum kopi. Mengonsumsi kafein tetap harus memperhatikan takaran.

Apalagi pada remaja, kandungan kafein dalam tubuh mesti dikontrol. Banyaknya kafein pada tubuh akan merugikan kesehatan mereka. Untuk remaja, kandungan kafein yang dapat ditoleransi tubuh per harinya sekitar 100 miligram. Ini berbeda dengan tubuh orang dewasa yang mampu mencerna kafein hingga 400 miligram.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jenis Sakit Kepala Terus-Menerus

Memasukkan kafein berlebih pada tubuh memberikan berbagai efek samping cukup banyak. Misalnya insomnia, gelisah, mudah marah, naiknya denyut jantung, tremor otot, sakit perut, nyeri kepala, susah fokus, sampai naiknya tensi. Jika konsumsi kafein tinggi dilakukan secara kontinyu, dimungkinkan menimbulkan risiko penyakit lebih serius. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply