Inilah Alasan Kenapa Olahraga Baik Dilakukan Saat Menstruasi

0
I MauTips.com, Jakarta. Menstruasi bukan halangan bagi wanita jika ingin tetap sehat dengan berolahraga. Asal dipilih dengan tepat, olahraga justru dianjurkan. Menurut pakar kesehatan, kebanyakan wanita lebih memilih untuk beristirahat saat menstruasi karena berbagai keluhan yang umum muncul seperti kram perut, nyeri punggung dan sakit kepala. Namun demikian, latihan fisik ringan sebenarnya tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran fisik.

Berikut 5 jenis olahraga yang dianjurkan untuk bisa dilakukan saat menstruasi.

Olahraga mengurangi kram perut
Beberapa wanita merasa tidak nyaman saat menstruasi dan ini dirasa sangat menyebalkan, apalagi menstruasi disertai dengan kram yang menyerang perut hingga pinggul. Semakin aktif berolahraga dan lebih teratur, semakin baik periode menstruasi berakhir, kurang kram, kurang banyak alirannya.

Olahraga membantu menjaga keseimbangan hormon
Saat menstruasi, keseimbangan hormonal mengalami fluktuasi. Kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh pun berkurang. Dengan olahraga, kadar hormonal dalam tubuh akan terjaga walau hanya dengan olahraga ringan. Dengan kata lain, pergeseran hormon ini membuat tubuh jadi lebih sehat saat menstruasi.

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh

Olahraga mengurangi peradangan
Menstruasi yang tidak teratur atau darah yang keluar berlebihan bisa menandakan adanya suatu peradangan. Namun dengan melakukan olahraga, peradangan dapat ditekan. Yang terbaik adalah melakukan gerakan ringan dan mudah untuk membantu mengurangi peradangan melalui aliran darah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply