Inilah Manfaat Menakjubkan Berpuasa bagi Kesehatan

0
I MauTips.com, Jakarta. Puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat ini. Termasuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan seperti sekarang ini. Selain mendapat pahala, ibadah puasa ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi orang-orang yang menjalankannya.

Manfaat kesehatan dari puasa ternyata banyak dan mengejutkan. Bahkan mungkin tidak pernah terungkap sebelumnya. Bulan Ramadan jadi momen umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Selama kurang lebih 12 jam tubuh dengan sengaja tidak diberi asupan apapun. Tak hanya soal kewajiban dari ajaran agama, berpuasa rupanya memiliki manfaat dari segi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat yang dapat dipetik selama berpuasa.

Turunkan berat badan
Berpuasa mampu menurunkan berat badan. Berpuasa mampu memangkas berat badan hingga 7 persen dan mengeliminasi lemak sebanyak 12 pounds atau sekitar 5,4 kilogram.

Regenerasi sel punca usus
Sel punca usus makin lama kehilangan kemampuan regenerasi seiring bertambahnya usia. Sel ini memungkinkan lahirnya sel-sel usus baru dan memperbaiki usus bila terjadi infeksi atau kondisi lain yang memperngaruhi. Saat berpuasa sel mulai memecah asam lemak daripada glukosa. Perubahan metabolisme ini menjadikan sel punca menjadi lebih regeneratif.

Meningkatkan fungsi otak
Berpuasa terbukti meningkatkan fungsi otak. Berpuasa membuat produksi protein yang dikenal dengan nama brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini mengaktivasi sel punca otak untuk mengubah neuron baru dan memicu zat kimia lain yang menyehatkan saraf. BDNF juga membantu melindungi sel otak dari perubahan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.

Cegah jerawat
Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, berpuasa juga membawa dampak positif pada kesehatan kulit. Orang yang biasanya berjerawat, jika rutin berpuasa dapat mengurangi atau mencegah munculnya jerawat.

Baca Juga: Benarkah Perempuan Haid Dilarang Masuk Masjid?

Menormalkan sensitivitas insulin
Berpuasa pada orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2 dapat meningkatkan penanda kunci baik pada berat badan maupun kadar gula darah.

Awet muda
Studi menemukan bahwa berpuasa berkaitan dengan memperlambat proses penuaan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply