Inilah Pentingnya Pemberian Vaksin Cacar Air Pada Anak

0
I MauTips.com, Jakarta. Cacar air umumnya ringan, namun dapat menimbulkan kondisi yang lebih berbahaya pada anak. Misalnya, infeksi kulit yang parah, gangguan pernapasan, kerusakan otak bahkan kematian. Cacar air merupakan penyakit menular yang rentan dialami oleh anak.

Pemberian vaksin cacar air sebaiknya dilakukan sejak anak menginjak usia 1 tahun.

Saat Tepat Pemberian Vaksin
Virus cacar air dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita cacar air, bahkan melalui udara. Saat penderita cacar air batuk atau bersin, maka virus cacar air dapat menyebar melalui udara dan menularkan orang lain. Vaksin cacar air merupakan vaksin yang diberikan untuk mencegah virus varicella zoster yang menjadi penyebab penyakit cacar air.

Mempercepat Penyembuhan dan Mencegah Komplikasi
Meski vaksin cacar air dapat membuat imunitas tubuh lebih baik dalam melawan virus penyebab cacar air, bukan berarti seseorang yang telah melakukan vaksinasi menjadi sepenuhnya kebal terhadap virus ini. Risiko terkena penyakit cacar air tetap ada, namun risiko terkena penularan akan lebih kecil atau cenderung mengalami penyakit cacar air dengan tingkat yang lebih ringan.

Risiko Efek Samping
Vaksin cacar air memang mampu melawan virus cacar air, namun ada kemungkinan efek samping pasca vaksinasi. Umumnya, efek samping yang muncul berupa timbulnya rasa sakit pada sekitar lengan lokasi suntikan vaksin.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Masuknya Benda Asing Di Konjungtiva Dan Sekitar Mata

Demam ringan juga mungkin akan dialami pasca vaksinasi dilakukan. Kemungkinan efek samping lain berupa sakit kepala, batuk, hidung tersumbat, nyeri otot, mual, muntah, sakit perut diare atau kesulitan tidur. Konsultasi dengan dokter mengenai saat yang tepat memberikan vaksin cacar air pada anak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply