Inilah Penyebab Jari Tangan Kaku Yang Sering Kita Alami

0
I MauTips.com, Jakarta. Gejala yang muncul sebagai pertanda jari tangan kaku dapat dimulai dari gejala yang ringan hingga parah. Misalnya, pada pagi hari jari tangan kaku, pada bagian dasar jari yang terinfeksi muncul pembengkakan, dan saat digerakkan jari tangan menimbulkan bunyi klik.

Jari tangan kaku merupakan kondisi yang tidak hanya membuat jari tiba-tiba sulit digerakkan atau terkunci pada posisi tertentu, tapi juga merupakan kondisi yang cukup menyakitkan. Jari tangan kaku mungkin dapat disebabkan oleh pergerakan jari tangan atau jempol yang dipaksakan dan berulang. Meski begitu, masih ada penyebab jari tangan kaku lainnya. Misalnya penyakit pirai, diabetes, dan rheumatoid arthritis.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut dari penyebab munculnya jari tangan kaku yang Anda alami.

Osteoarthritis pada Bagian Tangan
Osteoarthritis atau radang sendi yang menyerang bagian tangan, dapat menimbulkan rasa sakit di tiga bagian jari tangan Anda. Jika Anda mengalami osteoarthritis pada bagian tangan, Anda akan mengalami jari tangan kaku, bengkak, sakit, bahkan benjolan dapat muncul pada bagian sendi jari yang kaku.

Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid arthritis merupakan salah satu jenis radang sendi. Rheumatoid arthritis disebabkan oleh gangguan sistem imun yang justru menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Sedangkan osteoarthritis merupakan kondisi yang disebabkan oleh penggunaan sendi.

Baca juga: Tips Cara Menjaga Kesehatan Sendi Yang Perlu Diketahui

Pirai
Pirai merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat menimbulkan rasa kaku, rasa perih, dan sendi menjadi membengkak. Pirai yang sudah terjadi terlalu lama dapat merusak tendon, sendi, dan bagian jaringan lainnya. Selain beberapa penyebab di atas, diabetes juga menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Meski begitu, masih belum diketahui dengan jelas, mengapa diabetes dapat menyebabkan jari tangan kaku. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply