Inilah Satu-satunya Olahraga Paling Efektif Untuk Mengatasi Depresi

0
I MauTips.com, Jakarta. Siapa pun yang mengalami depresi tahu betul betapa melelahkannya hal itu. Hari demi hari, merasa hidup penuh dengan rintangan dan cobaan yang berat. Meskipun dampak dari penyakit mental ini sangat terlihat, namun seseorang yang mengalaminya belum tentu sanggup juga untuk mengatasinya. Mens sana in corpore sano.

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Pepatah latin ini diyakini benar adanya. Studi terbaru yang dilakukan peneliti dari King’s College London menemukan bahwa olahraga 20 menit perhari atau 150 menit perminggu tak hanya menjaga kesehatan tubuh, namun juga jiwa. Bahkan menurut peneliti, olahraga mampu mencegah munculnya keinginan bunuh diri akibat depresi. Pasalnya, depresi berhubungan langsung dengan berbagai fungsi tubuh. Jika Anda mengalami depresi, bukan tidak mungkin mudah terkena sakit yang mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan darah tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, tahukah Anda, sebenarnya ada sebuah latihan atau olahraga yang ditengarai efektif menyembuhkan depresi. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga secara tim bekerja dengan baik dalam meningkatkan kesehatan mental. Itu diuraikan bahwa olahraga tim seperti sepak bola dan bola basket membantu memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan olahraga lain seperti bersepeda, berlari atau berjalan.

Para peneliti menganalisis data mengenai kebiasaan olahraga dan kesehatan mental 1,2 juta orang dewasa di semua negara bagian Amerika, di mana responden diminta untuk menilai jumlah hari ketika kesehatan mental mereka tidak baik karena alasan apa pun.

Ditemukan bahwa dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berolahraga, responden yang memainkan olahraga tim melaporkan 22,3 persen lebih sedikit mengalami depresi, diikuti oleh mereka yang berlari sebesar 19 persen.

Kemudian 11,8 persen oleh mereka yang tidak berolahraga atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Akan tetapi anehnya, studi ini menemukan bahwa lebih banyak berolahraga pun tidak melulu baik bagi kesehatan mental.

Baca Juga: Kenali Dampak Negatif Media Sosial Bisa Picu Seseorang Bunuh Diri

Jadi, jika Anda bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, disarankan mencoba olahraga tim untuk hasil yang lebih baik, karena komponen sosial dalam permainan ini terbukti sangat bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply