Jenis Obat dan Makanan Yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

0
J MauTips.com, Jakarta. Terkadang dokter mengingatkan kita untuk mengonsumsi obat setelah lebih dulu mengisi perut. Kita memang harus mematuhi aturan ketika sedang minum obat yang diresepkan dokter. Namun,lebih dari itu perlu memperhatikan jenis obat serta makanan yang akan kita konsumsi. Pasalnya, ada jenis obat tertentu yang disarankan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu.

Berikut beberapa jenis obat dan makanan tertentu yang tak boleh dikonsumsi bersamaan. Bronchial spasmolytics, obat theophylline dan albuterol biasanya diresepkan untuk penderita asma, bronkitis, serta penyakit paru lainnya. Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan atau minuman mengandung kafein ketika minum obat tersebut. Obat hipertensi, obat seperti captopril, enalapril, dan ramipril biasa diresepkan untuk mengatasi dan mencegah gangguan jantung dan ginjal.

Namun saat mengkonsumsi salah satu obat tersebut sebaiknya tidak dibarengi dengan makanan kaya potassium. Obat penurun kolesterol jahat, obat seperti atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, simvastatin, rosuvastatin, dan pravastatin sebaiknya tak diminum berdekatan dengan konsumsi buah grapefruit. Buah tersebut bisa dengan cepat meningkatkan penyerapan obat sehingga meningkatkan risiko overdosis dan efek samping lainnya.

Baca Juga: Beberapa Akibat Apabila Tidur Lebih Dari 8 Jam Sehari

Antibiotik, tetrasiklin, ciprofloxacin, penisilin, serta obat antibiotik lainnya digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Obat-obatan tersebut akan menjadi sulit diekskresikan bila dikonsumsi dengan susu dan makanan berbahan susu yang tinggi kalsium. Ini akan menurunkan efisiensi obat secara cepat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply