Jenis Tipe Macam Penyakit Asma

0
Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel dan spasme bronkus. Gejala umum meliputi mengi, batuk, dada terasa berat, dan sesak napas. Asma pada awalnya diperkirakan disebabkan oleh kombinasi faktor genetikadan lingkungan.

Diagnosis biasanya didasarkan atas pola gejala, respons terhadap terapi pada kurun waktu tertentu, dan spirometri. Asma diklasifikasikan secara klinis berdasarkan seberapa sering gejala muncul, volume ekspirasi paksa dalam satu detik (FEV1), dan puncak laju aliran ekspirasi.

Asma dapat pula diklasifikasikan sebagai atopik (ekstrinsik) atau non-atopik (intrinsik) dimana atopi dikaitkan dengan predisposisi perkembangan reaksi hipersensitivitas tipe 1. Terapi untuk gejala akut biasanya dengan menghirup beta-2 agonist reaksi cepat, misalnya salbutamol dan kortikosteroid oral.

Namun pada kasus yang sangat parah mungkin diperlukan pemberian kortikosteroid intravena, magnesium sulfat dan perawatan di rumah sakit. Beberapa individu akan menderita asma tanpa gejala/stabil selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan kemudian secara mendadak dalam perjalanannya berkembang menjadi episode asma akut. Individu yang berbeda akan bereaksi berbeda pula terhadap berbagai faktor. Pada sebagian besar individu dapat terjadi peningkatan intensitas gejala suatu penyakit yang berat akibat dari sejumlahpemicu.

Jenis Tipe Macam Penyakit Asma

Ada banyak faktor di rumah yang dapat menjad penyebab munculnya serangan asma yang meliputi debu, binatangketombe, terutama rambut kucing dan anjing, kecoa alergen dan jamur. Penderita penyakit asma biasanya memiliki saluran pernafasan yang sangat sensifit terhadap sesuatu.

Jenis Tipe Macam Penyakit Asma

Asma dapat terpicu terhadap udara dingin, debu, bulu binatang dll yang mengakibatkan saluran nafas yang sensitif menjadi menyempit dan menyebabkan jalan keluar masuknya udara menjadi kurang lega.Penyakit ini bersifat sementara dan bisa menyerang siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Ada dua faktor yang menjadi penyebab penyakit asma, faktor ini bisa datang dari dalam maupun dari luar.

Faktor dari dalam, penyakit asma merupakan penyakit turunan dan bisa dipastikan mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya. Faktor dari luar, lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika memiliki penyakit ini dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman maka penyakit asma lebih mudah terpicu sehingga yang mengidap penyakit ini seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply