Jika Ada Keluarga yang Terkena Diabetes? Ini Cara Kurangi Risikonya

0
J MauTips.com, Jakarta. Indonesia menduduki peringkat ketiga jumlah penderita diabetes terbanyak di kawasan Asia setelah China dan India. Hal itu terungkap dalam rencana peringatan World Diabetes Day (WDD) atau hari Diabetes dunia di Jakarta. Dari total tersebut di Indonesia saat ini sekitar 90 persen diabetes yang disandang adalah tipe II.

Pada tipe ini, penderita memiliki kadar gula yang tinggi, lingkar pinggang lebar dan kadar kolesterol tinggi. Sementara penyebab peningkatan penderita diabetes, khususnya di negara berkembang seperti Indonesia adalah perubahan pola hidup masyarakat yang tidak sehat, seperti pola makan dan kurangnya olah raga. Diabetes, khususnya diabetes mellitus tipe 2, memiliki hubungan yang sangat kuat dengan riwayat dan keturunan keluarga jika dibandingkan dengan diabetes tipe 1. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa genetika memainkan peran yang sangat kuat dalam pengembangan diabetes tipe 2 pada seseorang. Selain itu, risiko diabetes diperkuat dengan gaya hidup yang buruk.

Dalam satu keluarga, biasanya orang-orangnya cenderung memiliki kebiasaan makan dan olahraga yang sama sehingga faktor gaya hidup lebih dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Direkomendasikan bagi yang sudah memiliki riwayat keluarga diabetes untuk menjalani pola hidup sehat, meningkatkan aktivitas fisik, dan teratur memeriksa kadar gula darah secara teratur.

Mulailah menerapkan pola hidup sehat seperti pola makan dengan gizi seimbang, tentunya dengan memperharikan jenis makanan, jumlah kalori atau porsi makanan dan jadwal makan.

Disarankan agar mengindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan manis, madu, dan kental manis. Namun bukan berarti harus menghindari karbohidrat dan gula sama sekali karena tubuh tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama.

Baca Juga: Tips Bersihkan Paru-paru Kotor Setelah Merokok Dengan Ramuan Alami

Hal lain yang harus dilakukan adalah menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan dan fast food. Selain pola makan yang dijaga, tingkatkan aktivitas fisik. Misalnya rutin melakukan olahraga 3-5 kali dalam seminngu, setidaknya 30 menit sehari. Bisa berupa jalan santai, lari, bersepeda, berenang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply