Jika Alami Keracunan Segeralah Minum Susu Ini Alasannya

0
J MauTips.com, Jakarta. Minum sir putih memang akan mengencerkan racun, namun tidak ada efek laktosa yang mempercepat BAB dan pembuangan racun. Keracunan bisa terjadi pada siapapun, kapanpun, tanpa adanya persiapan terlebih dahulu. Entah akibat salah makan, minum obat yang sudah kedaluarsa, atau tak sengaja mengkonsumsi bahan kimia berbahaya.

Jika terjadi keracunan, segeralah minum susu dalam jumlah banyak agar efek racun tidak memburuk. Minum susu memang dapat menjadi tindakan pertolongan pertama pada seseorang yang keracunan. Susu bukan menetralisir racunnya secara khusus. Susu bisa jadi efek dilusi, pengenceran. Jadi begitu racun masuk diberikan body water yang besar. Minum susu dalam jumlah banyak membuat kondisi racun di pencernaan menjadi encer.

Dengan demikian seperti membilas pencernaan dengan air. Terdapat juga kandungan laktosa pada susu yang memicu percepatan buang besar dan kecil. Apalagi umumnya pencernaan orang Indonesia punya batasan terhadap asupan laktosa.

Jika terlalu banyak akan menjadi mencret. Ini baik untuk membuang racun yang ada di pencernaan, melalui BAB. Tetapi ini bukan rekomendasi terapi. Ini adalah manfaat susu yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan racun.

Baca Juga: Selain Dumolid Obat Ini Juga Tergolong Psikotropika

Yang ideal tentu setelah minum cairan susu sebanyak mungkin, segera bawa pasien ke dokter. Di dokter nanti lambung pasien akan disedot isinya agar racun segera terbuang tanpa sempat diserap tubuh. Susu yang baik dikonsumsi untuk orang yang keracunan adalah susu segar atau susu cair, jangan susu kental manis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply