Jika Sedang Sakit Hindari Minum Kopi dan Makan Gorengan

0
Perubahan cuaca memicu munculnya banyak penyakit. Jika daya tahan tubuh menurun akan sakit. Kondisi tubuh yang lemah perlu asupan nutrisi yang tepat. Karena saat sakit, para ahli nutrisi menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak tinggi karena sulit dicerna. Makanan segar dengan rasa ringan justru baik untuk memulihkan kondisi tubuh.

Makanan seperti gorengan dan minum kopi sebaiknya tidak dikonsumsi dulu selagi sakit. Jika tubuh sedang kurang sehat, nafsu makan umumnya turun. Ini karena tubuh sedang memerlukan banyak energi untuk melawan penyakit. Konsumsi makanan juga harus lebih cermat agar kondisi tubuh tidak makin buruk.

Saat tenggorokan panas, es krim rasanya sangat menyegarkan. Namun, jika dikonsumsi es krim bisa memicu produksi dahak kental dan bahkan merangsang infeksi.

Kecuali itu makanan tinggi lemak akan lebih lama dan sulit dicerna terutama saat tubuh sedang sakit. Konsumsi minuman berenergi bisa menggantikan cairan tubuh yang keluar berlebihan saat terserang demam. Namun, minuman ini mengandung gula dan elektrolit yang bisa memicu tubuh yang sedang sakit bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Jika Sedang Sakit Hindari Minum Kopi dan Makan Gorengan

Karenanya dianjurkan untuk mengurangi kandungan elektrolit dengan cara melarutkan minuman ini dengan air mineral. Sup ayam bening atau sup berempah sangat baik dikonsumsi saat terserang flu karena bisa menghangatkan badan dan memberi asupan nutrisi. Tetapi lain halnya dengan sup kental, sup dengan krim dan keju. Selain rasanya terlalu gurih, kandungan lemaknya juga sulit diproses terutama oleh tubuh yang sedang turun staminanya. Manis renyah biskuit memang enak dikonsumsi saat tubuh sehat. Kandungan gula dan bahan tambahan lainnya akan membuat tubuh bekerja ekstra untuk mencernanya. Kopi dan teh yang mengandung kafein sebaiknya dihindari dulu.

Jika Sedang Sakit Hindari Minum Kopi dan Makan Gorengan

Minuman ini akan membuat tubuh dehidrasi dan dahak menjadi kental. Sebaiknya minum minuman herbal seperti wedang jahe atau air jeruk lemon dan madu. Saat sakit tenggorokan dan demam sebaiknya minum air hangat, air lemon dan madu. Hindari minum minuman beralkohol. Alkohol akan menguras system kekebalan tubuh. Padahal tubuh sedang bertahan melawan virus dan penyakit.

Baca Juga: Manfaat Rajin Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Hindari konsumsi makanan asam karena saat tubuh sedang sakit akan memicu peradangan. Minuman bersoda baik yang biasa ataupun sugar free bisa memicu masalah pada pencernaan saat tubuh sedang sakit. Sementara minuman bersoda tidak mengandung nutrisi penting yang diperlukan tubuh saat sakit.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply