Kelelahan Jangan Dibiarkan, Atasi Dengan Cara Ini

0
K MauTips.com, Jakarta. Kelelahan adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan.

Sama seperti campuran antara lelah dan rasa puas yang dirasakan orang sehabis bekerja keras di kantor atau belajar, ini merupakan kelelahan yang sehat dan alami. Lelah juga dapat timbul dari alasan psikologis dan dapat merupakan gejala dari penyakit tertentu. Tetapi jarang menjadi satu-satunya gejala penyakit. Kelelahan menjadi keluhan umum sebagian besar orang, terutama mereka yang mulai memasuki usia 30-an. Jika terus dibiarkan, kelelahan yang tak tertangani dengan baik dapat mengganggu produktivitas dan menurunkan kinerja. Bila Anda merasa sering kelelahan, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Pemeriksaan Medis
Kelelahan merupakan bagian dari gejala umum dari sejumlah penyakit, seperti diabetes, jantung, radang sendi, anemia, penyakit tiroid, dan apnea tidur. Jika Anda merasakan rasa kelelahan yang tidak wajar, seperti selalu merasa lelah setiap hari, segera konsultasikan dengan dokter.

Aktif Bergerak
Orang yang jarang bergerak cenderung lebih cepat merasa lelah. Penelitian menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan level energi. Orang yang aktif bergerak memiliki rasa percaya diri lebih besar. Namun, olahraga juga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot.

Minum Air Putih
Dehidrasi membuat atlet sulit menyelesaikan sesi latihannya. Sangat masuk akal bila dehidrasi memicu seseorang menjadi cepat lelah, meskipun dia hanya mengerjakan pekerjaan rumah. Dehidrasi juga berdampak pada turunnya konsentrasi.

Yoga
Yoga sangat efektif untuk meningkatkan energi. Seorang sukarelawan dalam penelitian di Inggris melaporkan peningkatan dalam berpikir jernih, energi, dan kepercayaan diri setelah mengikuti kelas yoga selama enam minggu (sekali seminggu).

Cukup Tidur
Kurang tidur merupakan sumber utama kelelahan sepanjang hari dan meningkatkan risiko kecelakaan. Kebiasaan tidur yang baik selama delapan jam per hari mampu mengurasi rasa kelelahan.

Baca Juga: Tips Liburan Aman dan Nyaman Tanpa Sakit Mag

Atur Porsi Makanan
Sesuaikan porsi makanan sesuai dengan aktivitas Anda setiap hari. Jangan sampai berlebihan untuk menghindari penambahan berat badan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi agar menghasilkan tenaga lebih maksimal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply