Kenali Manfaat Vitamin B Complex Untuk Kesehatan

0
K MauTips.com, Jakarta. Vitamin B kompleks adalah kumpulan dari 8 vitamin B yang memiliki fungsi dan manfaat untuk kinerja tubuh. Delapan vitamin B kompleks tersebut yakni vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Kedelapan vitamin terdapat dalam susu Milo. Susu yang diproduksi oleh Nestle ini merupakan campuran zat bubuk cokelat dan gandum yang dapat diminum baik secara panas maupun dingin. Susu ini tidak hanya digemari oleh anak-anak, namun juga oleh orang dewasa di banyak bagian di seluruh dunia. Di beberapa tempat bahkan Milo sudah diproduksi menjadi cokelat batang dan sereal. Walau demikian, beberapa orang berisiko mengalami kekurangan vitamin B kompleks sehingga membutuhkan suplemen. Vitamin B dalam vitamin b complex dapat bekerja sama untuk fungsi tubuh, walau masing-masing vitamin ini juga memiliki fungsi uniknya tersendiri. Anda mungkin familiar dengan suplemen vitamin B kompleks yang banyak dijual di pasaran.

Vitamin B kompleks memang penting untuk tubuh, dengan sederet fungsinya masing-masing. Berikut ini manfaat vitamin B kompleks yang dibagi berdasarkan jenisnya.

Vitamin B1: mengubah gula menjadi energi
Vitamin B1 memiliki manfaat untuk memecah gula dari makanan menjadi energi. Selain itu, vitamin ini juga membantu produksi neurotransmitter (senyawa kimiawi otak), membantu pembuatan asam lemak, serta menyintesis beberapa hormon.

Vitamin B2: produksi energi dan kesehatan kulit
Beberapa fungsi dan manfaat utama dari vitamin B2 adalah produksi energi dan kesehatan mata dan kulit. Tak sampai di situ, vitamin ini juga membantu tubuh memetabolisme lemak, hormon steroid serta obat-obatan.

Vitamin B3: mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi
Tubuh mengubah vitamin B3 atau niasin menjadi koenzim yang disebut nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). NAD menjadi memiliki manfaat untuk reaksi 400 enzim di tubuh.

Vitamin B5: produksi koenzim dan sel darah merah
Vitamin B5 dikenal juga dengan asam pantotenat yang bermanfat untuk memproduksi koenzim serta sel darah merah.

Vitamin B6: metabolisme asam amino
Dikenal pula sebagai piridoksin, salah satu manfaat vitamin B6 adalah membantu tubuh dalam metabolisme asam amino. Selain itu, salah satu vitamin B kompleks ini juga berperan dalam pemecehan karbohidrat dan lemak, perkembangan otak, serta sistem imun.

Vitamin B7: mengatur DNA
Apabila Anda pemerhati kecantikan, mungkin sudah akrab dengan biotin yang merupakan nama lain dari vitamin B7. Produsen produk kecantikan menambahkan biotin untuk suplemen rambut, kuku, dan kulit.

Vitamin B9: perkembangan janin
Manfaat vitamin B9 adalah membantu dalam replikasi DNA, metabolisme vitamin, serta metabolisme asam amino. Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf janin bagi ibu hamil.

Baca Juga: Kenali Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin B12: membantu fungsi otak dan saraf
Vitamin B12 memiliki manfaat untuk produksi sel darah merah, sintesis DNA, serta fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini juga berperan dalam metabolisme protein dan lemak. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply