Kenali Tanda dan Gejala Katarak Yang Mesti Diwaspadai

0
K MauTips.com, Jakarta. Semakin bertambahnya usia, semakin berbagai fungsi tubuh mengalami penurunan, termasuk mata. Mata merupakan indera penglihatan yang berfungsi penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, menjaga mata tetap sehat sangat diperlukan.

Cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan sedari dini. Seperti mengonsumsi makanan bernutrisi atau menghindari kegiatan yang berpotensi merusak mata. Katarak adalah kondisi mata yang terjadi saat lensa mata keruh dan berawan. Kenali tanda dan gejala katarak agar bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin. Katarak umumnya terjadi saat memasuki usia tua. Gejala katarak berkembang perlahan seiring berjalannya waktu. Katarak dapat terjadi pada satu atau kedua mata. Kebanyakan katarak terjadi karena perubahan normal yang disebabkan oleh pertambahan usia. Beberapa katarak bisa disebabkan oleh cedera mata. Pada tahap awal, katarak biasanya tidak menyakitkan dan tidak membuat mata merah atau iritasi. Namun, jika sudah semakin parah, katarak dapat menyakitkan terutama jika disertai dengan kondisi lain.

Berikut gejala katarak:
Penglihatan Anda keruh atau kabur
Warna terlihat pudar
Tidak dapat melihat dengan baik di malam hari
Lampu, sinar matahari, atau lampu depan tampak terlalu terang
Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
Pandangan berbayang (terkadang hilang saat katarak semakin besar)

Sering mengganti resep kacamata Anda
Jika Anda memakai kacamata, Anda mungkin merasa lensa kacamata kotor dan perlu dibersihkan, meskipun sebenarnya tidak. Gejala dapat diobati dengan operasi katarak atau tindakan bedah. Dokter akan mengangkat lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan yang baru. Operasi katarak ini merupakan operasi yang aman.
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Juga: Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Konsumsi makanan bernutrisi
Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc, menjadi cara tepat memelihara kesehatan mata. Kebaikan nutrisi tersebut dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari, seperti pada buah beri, buah sitrus, bayam, brokoli, wortel, kacang, ikan tuna, salmon, telur, dan lainnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply