Kesalahan Utama Saat Mandi yang Bisa Merusak Kesehatan Kulit

0
K MauTips.com, Jakarta. Kegiatan mandi merupakan salah satu aktivitas harian yang menyehatkan. Namun demikian, tanpa disadari ada beberapa kesalahan saat mandi yang kerap dilakukan dan dapat merusak kesehatan kulit. Berikut kesalahan utama saat mandi yang bisa merusak kesehatan kulit.

Terlalu sering mengganti sampo
Sampo sebaiknya diganti hanya apabila terjadi sesuatu secara alami pada kulit kepala, misalnya saat berketombe atau karena faktor usia.
Terlalu banyak pakai sabun
Saat mandi gunakan shower gel atau sabun secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak. Kebiasaan ini dapat mengikis minyak alami dari tubuh Anda, efeknya kulit akan terasa gatal dan kering.

Tidak bersih membilas sabun
Pastikan membilas sabun dan sampo sampai bersih. Jika sering lupa membilasnya sampai bersih, lalu langsung mengelapnya dengan handuk maka iritasi kulit bisa mudah terjadi.

Keramas setiap hari
Sebaiknya tidak setiap hari karena bahan kimia dalam sampo tanpa disadari bisa menghilangkan minyak esensial alami yang ada di kulit kepala, justru yang ada kulit kepala bisa kering. Tetapi, jika mengalami hiperhidrosis (keringat berlebih), Anda dianjurkan untuk keramas setiap hari dengan sampo berbahan ringan yang cocok untuk jenis rambut.

Baca Juga: Tips Sahur Agar Puasa Ramadhan Lancar

Menggosok dengan handuk terlalu kasar
Keringkan tubuh menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lembut, hindari menggosokannya ke tubuh dengan kasar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Pada rambut, kebiasaan seperti ini juga dapat merusak kesehatan kulit kepala dan menyebabkan rambut mudah rontok. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply