Khasiat Buah Cermai Banyak Nutrisi Mencegah Berbagai Penyakit

0
Buah Cermai adalah nama sejenis pohon dengan buah yang masam dikenal pula dengan nama lain. Nama ilmiahnya adalah Phyllanthus acidus. Buah Cermai sering dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Cermai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar.

Daun mudanya digunakan sebagai lalap. Rebusan akar Cermai digunakan untuk meringankan asma dan mengobati penyakit kulit. Bahan penyamak juga dihasilkan dari kulit akarnya. Pohon Cermai sering ditanam sebagai peneduh atau penghias halaman dan taman.

Pohon ini dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Menyukai tempat yang lembap sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Cermai dapat dibiakkan melalui biji atau stek.

Otaheite gooseberry atau biasa dikenal sebagai cermai, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Cermai juga diketahui menyimpan banyak mineral seperti besi, seng dan vitamin seperti Karotenoid dan Vitamin B kompleks, yang tentunya bisa mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah khasiat cermai untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Cermai Banyak Nutrisi Mencegah Berbagai Penyakit

Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel tubuh yang sehat. Cermai mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol dan tanin. Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung. Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes. Cermai juga dikemas dengan vitamin A yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis.

Khasiat Buah Cermai Bnyak Nutrisi Mencegah Berbagai Penyakit

Bila dikonsumsi saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya dapat memperpanjang proses penuaan. Dikemas dengan sifat antioksidan, cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti kanker.

Baca Juga: Beberapa Minuman Ampuh Pereda Stress

Minum jus cermai sekali sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah Cermai dapat meningkatkan kemampuan sperma untuk berenang, kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply