Kopi Dapat Cegah Alzheimer dan Parkinson, Hasil Penelitian

0
K MauTips.com, Jakarta. Gangguan fungsi otak menjadi salah satu penyakit yang ditakuti. Bagaimana tidak? Otak merupakan organ yang sangat penting pada tubuh. Gangguan fungsi otak bisa menyebabkan alzheimer. Kondisi ini identik dengan menurunnya fungsi otak.

Namun, meski tergolong susah diobati, Anda bisa mencoba mengatasi alzheimer dan gangguan fungsi otak dengan bahan alami. Kunyit, kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-radang. Penelitian mengatakan hal itu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan menjaga penyakit alzheimer. Kayu Manis, kayu manis juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Teh dengan tambahan kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde dan epicatechin. Dua senyawa tersebut bisa mencegah efek ‘protein tau’ atau MAPT yang diyakini peneliti sebagai penyebab alzheimer.

Minum kopi ternyata tak sekedar bisa mendapatkan kenikmatan rasa dan aromanya yang wangi saja, lebih jauh lagi ada manfaat jangka panjang yang diperoleh bagi orang yang gemar mengonsumsinya. Beberapa studi telah mengungkap fakta tersebut, termasuk penelitian terbaru terkait kopi yang mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit alzheimer atau kepikunan dan parkinson.

Tak hanya alzheimer, minuman dengan kandungan kafein itu juga dapat mengurangi risiko parkinson. Minum kopi punya beberapa korelasi dengan penurunan risiko pengembangan penyakit alzheimer dan penyakit parkinson.

Studi menggunakan tiga jenis biji kopi yang berbeda pengolahannya, yakni dengan cara dipanggang sebentar, dipanggang lama hingga menghitam dan roasting gelap tanpa kafein. Biji kopi dengan tiga pengolahan itu lantas diteliti kandungannya.

Ternyata, terdapat senyawa bernama ‘phenylindanes’ dalam tiap biji kopi yang mengalami roasting. Manfaat dari senyawa phenylindanes, menurut ilmuwan adalah mencegah dan menghambat penggumpalan dua fragmen protein (beta amyloid dan tau).

Baca Juga: Tanaman Dalam Rumah, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan

Itu adalah dua jenis senyawa yang ditemukan pada otak penderita alzheimer dan parkinson. Namun peneliti juga mengakui bahwa ini masih awal untuk mengungkap bagaimana manfaat kopi dapat ditransfer ke opsi terapeutik. Jadi mereka sendiri tidak menyebut bahwa kopi adalah obat dari alzheimer dan parkinson. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply