Langkah Sederhana Cara Cegah Sakit Gigi Menyiksa

0
L MauTips.com, Jakarta. Siapapun yang pernah mengalami penderitaan karena sakit gigi pasti tahu bahwa sakit gigi adalah salah satu yang paling tidak menyenangkan. Sakit gigi terjadi ketika ada peradangan pada bagian inti gigi yang paling sensitif. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari infeksi mulut, infeksi gigi, hingga infeksi pada gusi.

Saran dari pihak medis untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah timbulnya siksaan tersebut adalah, kurangi minuman bercita rasa asam dan periksa gigi secara teratur ke dokter enam bulan sekali. Berikut pengobatan yang dapat dilakukan ketika gigi terasa sakit. Menempelkan bawang putih, meski terdengar mustahil, menggunakan satu siung bawang putih adalah cara paling cepat untuk menyembuhkan sakit gigi.

Mengoleskan minyak cengkeh, oleskan satu atau dua tetes minyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Cara ini dapat meredakan sakit pada gigi sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Penyebabnya karena minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik.

Berkumur dengan air garam, salah satu cara untuk menyembuhkan sakit gigi ialah dengan mencampurkan sesendok garam pada satu gelas air hangat. Campuran tersebut kemudian digunakan untuk berkumur sesekali. Menghindari minuman bersoda yang menyebabkan lapisan gigi terkikis. Sebaiknya minuman bersoda dihindari agar gigi tidak mudah rusak dan sakit.

Baca Juga: Inilah Akibat Kalau Remaja Berlebihan Mengkonsumsi Kafein

Menggunakan baking soda, yang harus dilakukan adalah membasahi kapas dengan sedikit air, lantas melumuri kapas dengan baking soda dan mengaplikasikannya pada gigi yang sakit. Es batu adalah penyembuh ampuh saat gigi terasa sakit. Letakkan sebongkah es batu pada handuk, kemudian tempatkan handuk pada sekitar pipi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply