Macam-Macam Jenis Sakit Batuk Pada Anak & Orang Dewasa

0
M MauTips.com, Jakarta. Sakit Batuk terdiri dari dua macam jenisnya. Pertama batuk basah atau produktif. Batuk ini menghasilkan lendir yang biasanya disebabkan oleh alergi, pilek, atau infeksi pernapasan lainnya. Kedua batuk kering atau tidak produktif, timbul karena hawa dingin tapi lebih sering disebabkan oleh asap rokok, debu, asap, atau iritasi lainnya.

Batuk memang tidak berdampak apapun kecuali, membuat tenggorokan iritasi. Terjadinya infeksi pada saluran pernapasan atas dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi sehingga mengeluarkan lendir, yang biasa disebut dengan batuk berdahak. Redakan batuk dengan permen herbal. Untuk batuk basah bisa makan permen horehound atau permen yang khusus untuk meredakan batuk.

Permen ini memang pahit rasanya, namun dapat bekerja sebagai ekspektoran yang mampu memicu refleks batuk dan membantu mengeluarkan dahaknya. Sedangkan untuk batuk kering bisa mencoba permen pelega tenggorokan slippery elm. Oleskan balsem yang mengandung kamper atau mentol di dada dan tenggorokan. Dengan memberi rasa yang menghangatkan, kedua zat ini juga mampu meredakan batuk lebih cepat.

Baca Juga: Tips Cara Mudah Semangat Bangun Tidur Pagi-Pagi Buat Karyawan & Pelajar

Kalau merasa tenggorokan mulai tegang dan tak henti-hentinya batuk, cobalah melakukan teknik yang dapat menahannya untuk tidak batuk. Misal ketika mulai merasakan datangnya batuk, paksakan diri untuk menahannya atau dengan membatukkannya dengan lembut atau pelan. Sehingga nantinya bisa langsung keluar batuk besar sekali saja. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply