Makanan Yang Dianjurkan Untuk Mencegah Tertular Kanker Serviks

0
M MauTips.com, Jakarta. Kanker serviks merupakan penyakit yang ditakuti oleh kaum hawa, terutama karena pengobatannya yang rumit dan beresiko kematian. Salah satu penderitanya adalah Julia Perez yang selama berbulan-bulan telah berjuang melawan penyakit tersebut namun akhirnya harus menyerah dan tutup usia pada Sabtu 10 Juni 2017.

Penyebab utama kanker serviks adalah penularan virus human papillovirus (HPV) kepada orang yang sehat dan belum mendapat vaksin. Beberapa jenis makanan diyakini dapat membantu menguatkan kondisi tubuh agar tidak tertular virus HPV penyebab penyakit kanker serviks.

Memang pencegahan yang utama adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat misalnya tak melakukan hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan, sehingga virus HPV tidak sampai menginfeksi.

Berikut jenis makanan yang dianjurkan untuk mencegah tertular kanker serviks.
Teh hijau
Minum teh hijau secara rutin berarti memberikan tubuh zat antioksidan jenis polifenol yang dibutuhkan untuk mencegah perkembangan sel kanker.

Sayur selada
Kandungan zat flavonoid pada selada dan sayuran hijau lain sangat membantu memberikan nutrisi bagi tubuh agar tidak mudah berkembang sel kanker. Nutrisi alami berikut enzimnya tak dipungkiri sangat baik untuk kesehatan.

Aneka kacang
Kacang-kacangan banyak mengandung fitokimia yang terbukti memperlambat tumbuhnya sel kanker, dan juga tumor. Konsumsi dalam bentuk rebusan sehingga lebih aman dan tidak mengandung kolesterol.

Gandum utuh
Jenis olahan dari gandum utuh misalnya roti, sangat baik untuk kesehatan. Ada kandungan serat dan vitamin B6 yang menjaga sistem metabolisme, kesehatan saraf, dan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Apa Itu Pap Smear Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Wortel
Makanan ini kaya kandungan beta karoten serta karotenoid yang mencegah penyerapan karsinogen dalam tubuh. Karsinogen adalah zat pemicu kanker yang bisa diperoleh dari makanan dan polusi serta sumber lainnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply