Manfaat Ikan Kutuk atau Ikan Gabus Untuk Kesehatan dan Obat Penyembuh Pasca Operasi

0
M MauTips.com, Jakarta. Ikan kutuk atau ikan gabus ini sudah dikenal mempunyai manfaat yang sangat besar. Kandungan gizi terlebih kandungan protein albuminnya yang cukup tinggi, membuat ikan ini sangat bermanfaat sekali untuk proses penyembuhan luka. Ikan kutuk merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Walaupun ikan air tawar, namun kandungan gizi ikan kutuk tidak kalah tinggi dari ikan laut.

Berikut daftar khasiat manfaat Ikan Kutuk bagi kesehatan.

Untuk pasien pasca operasi
Pasca operasi biasanya orang tua zaman dulu akan melarang kita untuk makan ikan dengan alasan luka sulit kering dan gatal. Hal ini tentu tidak benar karena dengan menghindari ikan, protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses penyembuhan pasti kurang.

Mempercepat proses penyembuhan luka
Protein berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak dan sebagai zat pembangun. Bagian kulit yang rusak akibat luka akan segera teregenerasi dengan memperbanyak konsumsi protein. Hal ini tentu akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Baik untuk pencernaan
Ikan kutuk atau ikan gabus ini sangat mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini karena kandungan protein kolagen yang terdapat pada ikan kutuk lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terkandunh dalam daging. Kandungan protein kolagen dalam ikan kutuk ini hanya sekitar 3% sampai sekitar 5% dari total protein kolagen.

Membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit
Kandungan alnumin yang cukup tinggi pada ikan kutuk ini, bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Menjaga kesehatan ginjal
Albumin pada ikan kutuk atau ikan gabus berfungsi untuk memelihara tekanan onkotik. Tekanan onkotik yang dihasilkan oleh albumin dari ikan kutuk ini dapat memelihata fungsi ginjal.

Mengurangi pembengkakan
Edema atau pembengkakan dalam saluran pencernaan dapat teratasi dengan memanfaatkan tekanan onkotik yang dihasilkan oleh albumin.

Mengatasi stroke ringan fase akut
Tekanan onkotik yang dihasilkan oleh albumin dari ikan kutuk tadi dimanfaatkan sebagai metode hemodilusi. Metode ini dapat membantu menangani penderita dengan stroke ringan dan dalam fase akut.

Sumber protein
Kandungan protein yang tinggi pada ikan kutuk yaitu sekitar 25,2 gram dalam 100 gr ikan gabus membantu memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

Pembentukan dan pertumbuhan otot
Kandungan protein ikan gabus cukup tinggi, yang mana protein ini merupakan zat pembangun. Protein membantu pembentukan massa otot.

Baca Juga: Banyak Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan

Sebagai sumber albumin
Kandungan albumin pada ikan gabus lebih tinggi daripada telur. Hal ini sangat membantu sekali untuk mencukupi dan meningkatkan kadar albumin pada sebagian orang yang mengalami defisiensi albumin. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply