Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Untuk Tubuh Bugar

0
M MauTips.com, Jakarta. Mungkin secara kasat mata, bawang putih hanya sebuah benda kecil sebagai bumbu masakan. Namun di balik baunya yang menyengat, bawang putih memiliki banyak manfaat walaupun tidak dimasak. Kandungan dalam bawang putih yang kecil itu sesungguhnya berlimpah dengan berbagai macam kebaikan. Bawang putih mengandung berbagai mineral seperti kalsium dan potasium, vitamin C, serta antioksidan.

Bawang putih dikenal memiliki berbagai zat aktif dan enzim yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nutrisi di dalam bumbu masak tersebut ampuh untuk menangkal berbagai jenis penyakit berbahaya semisal jantung dan kanker. Akan tetapi syarat untuk memperoleh manfaat dan khasiat hebat dari bawang putih itu adalah, Anda harus mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Jika telah dipanaskan atau dimasak maka sebagian besar enzim dan zat bermanfaatnya akan rusak.

Selain untuk menambah rasa sedap pada makanan, berikut manfaat makan bawang putih mentah.

Turunkan risiko kanker
Terdapat senyawa bernama sulfur bioaktif, yang khasiatnya adalah mencegah pembentukan sel kanker. Cara kerja senyawa sulfur bioaktif adalah dengan memperbaiki atau membunuh sel yang rusak, mencegah karsinogen merusak sel, dan menghambat menyebarnya sel rusak (kanker).

Turunkan kolesterol
10 gram bawang putih mentah yang dimakan setiap hari dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Bawang putih mentah juga meningkatkan kadar kolesterol baik jika rutin dikonsumsi selama 2 bulan.

Turunkan hipertensi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi terbukti dapat dikendalikan oleh senyawa bernama polisulfida di bawang putih mentah. Senyawa itu membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat kembali normal dan lancar.

Cegah penyakit jantung
Bawang putih mentah berkhasiat mengurangi tumpukan plak di arteri koroner. Itu baik untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, juga gangguan sistem metabolisme.

Redakan infeksi dan radang
Kandungan allicin pada bawang putih mentah menyimpan khasiat untuk antivirus, antimikroba, dan antijamur. Ini juga dapat meredakan infeksi dan radang yang terjadi pada tubuh.

Baca Juga: Inilah Bahaya dari Sinar Biru di Gadget Bagi Kecantikan

Mengurangi kerontokan rambut
Masalah kerontokan rambut juga bisa diatasi dengan konsumsi bawang putih mentah. Beberapa orang juga mengoleskan sari bawang putih untuk kulit kepala mereka sebagai penguat akar rambut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply