Manfaat Mengejutkan Makan Bawang Putih Mentah Yang Perlu Diketahui

0
M MauTips.com, Jakarta. Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Demi tubuh yang sehat, kebiasaan mengunyah bawang putih banyak dilakukan sejak dulu. Ada beberapa zat aktif di dalam bumbu dapur tersebut yang diyakini mampu mengatasi masalah influensa, berbagai jenis radang, sakit jantung, masalah pencernaan, batuk, bronkitis atau pneumonia dan lainnya.

Penelitian mengungkap bahwa ada nutrisi allicin, vitamin, mineral, dan asam amino yang seluruhnya berguna bagi kesehatan. Allicin sendiri mempunyai fungsi sebagai antivirus, antimikroba, serta antijamur. Dengan rutin mengunyah bawang putih mentah, organisme jahat yang memicu banyak penyakit dapat diminimalisir keberadaannya.

Berikut manfaat makan bawang putih mentah bagi kesehatan.

Menurunkan risiko kanker
Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif. Berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah membuktikan khasiat makan bawang putih mentah untuk membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker paru.

Menurunkan kadar kolesterol
Mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak. Makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi
Kandungan polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Polisulfida akan membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

Mencegah penyakit jantung
Bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Makan bawang putih mentah secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner.

Meredakan infeksi, radang, dan pilek
Berbagi penyakit yang cukup umum ternyata bisa diredakan dengan bantuan bawang putih mentah yang kaya akan allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Mengatasi rambut rontok
Mengonsumsi bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok. Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun dan bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Baca Juga: Langkah Sederhana Ini Bisa Buat Stres Berkurang Saat Bekerja

Menjaga kesehatan otak
Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan dementia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih mentah. Kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply