Manfaat Temulawak Memiliki Beragam Manfaat untuk Kesehatan

0
Minum susu dicampur kunyit mungkin baru diketahui banyak orang saat ini. Minuman tersebut memang tak sepopuler susu campur jahe yang telah banyak orang tahu khasiatnya. Selain jahe, minum susu dan kunyit berguna mengusir batuk dan flu. Ini karena kandungan zat antiseptik dan juga anti inflammatory (peradangan) yang terkandung di dalamnya.

Membantu proses detoks, detoks atau pembersihan racun tubuh dapat juga dilakukan dengan minuman nikmat ini. Tak hanya itu, ternyata sirkulasi darah juga bisa lebih lancar sekaligus bisa merangsang kerja limpa. Kurangi rasa sakit dan bengkak.

Bila tubuh sedang mengalami pembengkakan dan rasa sakit atau nyeri, maka susu kunyit bisa bantu atasi keluhan tersebut. Selain itu bila otot dan tulang sedang bermasalah, salah satu obat herbal yang rasanya nikmat adalah minuman ini.

Sakit saat haid, perut yang sakit dan kram dapat dipulihkan dengan minum susu kunyit yang hangat. Turunkan berat badan bagi yang ingin langsing, minum kunyit dan susu tanpa gula akan membantu keinginan tersebut. Kunyit akan perlahan memecahkan lemak yang tertimbun di balik kulit, dan membuat berat badan turun asalkan dilakukan secara rutin.

Manfaat Temulawak Memiliki Beragam Manfaat untuk Kesehatan

Tidak hanya minum susu dicampur kunyit, temulawak yang biasanya digunakan sebagai rempah herbal dalam pembuatan jamu tradisional juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menambah nafsu makan anak-anak. Cukup merebus potongan temulawak yang sudah dikupas dan dibersihkan, lalu airnya digunakan untuk minum. Beri tambahan gula atau madu agar anak menyukainya. Obati kanker, rempah ini disebut dalam jurnal ilmiah berjudul The Prostate, mampu efektif mengatasi masalah kanker payudara, kanker usus, serta kanker prostat.

Manfaat Temulawak Memiliki Beragam Manfaat untuk Kesehatan

Ekstrak temulawak mengandung nutrisi yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Masalah pencernaan, masalah organ pencernaan seperti kembung, diare, masuk angin, sakit perut akibat keracunan pun bisa diatasi dengan minum rebusan air temulawak dengan teratur. Obati pusing bagi yang sering mengalami pusing atau migrain, tak ada salahnya secara rutin mengonsumsi air rebusan temulawak.

Baca Juga: Beberapa Cara Minta Naik Gaji ke Atasan

Cara mudah dan murah ini lebih aman dilakukan ketimbang harus minum obat setiap kali pusing. Nyeri haid, sakit perut atau nyeri haid yang setiap bulan dialami oleh wanita pun bisa dikurangi dengan konsumsi air temulawak. Namun obat herbal atau obat tradisional memang bekerja secara perlahan.

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply