Mangsa Lezat Incaran Nyamuk dan Tips Sederhana Menghindari Gigitan Nyamuk

0
M MauTips.com, Jakarta. Menjelang musim hujan, sebagai makhluk pengisap darah ternyata tak menghisap darah sembarangan orang. Nyamuk juga pilih-pilih orang yang akan dihisap darahnya. Nyamuk penghisap darah memiliki spesifikasi tertentu dalam memilih target mangsanya.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui mangsa favorit nyamuk sebagai upaya memanipulasi perilaku mereka untuk mengendalikan penyakit yang dibawa. Berdasar hasil penelitian, ada beberapa faktor yang menentukan sasaran empuk para nyamuk. Faktor utamanya adalah karbondioksida di udara. Karbondioksida digunakan oleh semua spesies nyamuk sebagai indikator yang memberitahunya bahwa ada mangsa dalam jarak dekat.

Selain itu, peneliti juga menemukan komponen lain yang terbukti lebih efektif membantu nyamuk mencari mangsa, yaitu asam laktat, amonia, aseton, sulkaton dan beberapa asam karboksilat lainnya. Senyawa- senyawa ini membantu nyamuk membedakan bau manusia dari hewan lain.

Setelah mengenali manusia sebagai mangsanya, kini nyamuk akan bergantung pada mikrobiota pada kulit manusia. Mikrobiota pada kulit manusia sebagian besar terdiri dari bakteri dan jamur non-patogen yang hinggap di pori-pori dan folikel rambut.

Ada cara sederhana untuk menghindari digigit nyamuk saat berada di luar ruang. Para peneliti mengatakan bahwa cara mengusir nyamuk ialah dengan cara menepuk yang hinggap di kulit sampai mati. Para peneliti mengatakan kalau menepuk nyamuk sampai mati membuat nyamuk trauma dan enggan hinggap ke kulit sang penepuk.

Selain tepukan, nyamuk juga trauma dengan bau badan sang penepuk. Mereka akan kembali hinggap jika sudah lupa dengan trauma yang dialami. Kenakan pakaian berwarna kulit atau netral, karena nyamuk gemar hinggap di permukaan yang berwarna gelap atau terlalu terang.

Baca Juga: Ini Alasan Hindari Memakai Tisu Basah Setiap Hari Pada Bayi

Nyamuk gemar berkumpul di tempat berair. Segera tutup pintu kamar mandi setelah menggunakannya. Jika kulit terus iritasi dengan krim anti-nyamuk, bisa juga mengoleskan cairan rempah wangi lemon untuk membuat tubuh lebih semerbak sehingga nyamuk malas hinggap. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply