Masalah Mata Kedutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Saraf

0
M MauTips.com, Jakarta. Kedutan sebenarnya tidak terasa menyakitkan dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun dapat juga terasa mengganggu dan dapat datang pergi selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Orang yang mengalami kedutan sering disebut sedang dipergunjingkan orang lain.

Padahal kondisi yang dianggap biasa ini sebenarnya dapat menjadi gejala adanya penyakit yang lebih serius. Mata kedutan, yang dalam bahasa medisnya disebut blefarospasme adalah gerakan berulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini terjadi setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1-2 menit.

Gerakan yang terjadi pada otot mata ini biasanya terjadi pada kedua mata.

Tiga Tipe Mata Kedutan
Terdapat beberapa jenis kedutan berdasarkan tingkat keparahan dan gejala penyertanya. Umumnya mata kedutan dapat dibedakan menjadi tiga kategori berikut.

Kedutan minor
Kedutan minor umumnya tidak nyeri dan tidak berbahaya. Kedutan minor umumnya muncul terkait dengan gaya hidup, seperti kelelahan, kurang istirahat, stres, suka mengonsumsi minuman keras atau berkafein secara berlebihan, atau kebiasaan merokok. Dapat juga disebabkan oleh iritasi pada kornea atau lapisan di dalam kelopak mata.

Blefarospasme esensial jinak
Blefarospasme esensial jinak juga dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti mengonsumsi minuman keras dan kafein secara berlebihan, terpapar cahaya terang, kelelahan, kurang tidur, iritasi akibat polusi udara, dan stres. Blefarospasme esensial jinak umumnya dialami oleh orang dewasa muda hingga dewasa tua.

Baca Juga: Jika Kulit Berjerawat Kandungan Thymol Dan Terpineol (Thymo-T Essence) Solusinya

Hemificial spasm/kejang pada wajah
Kejang pada wajah adalah kondisi yang sebenarnya sangat jarang terjadi. Gangguan yang disebabkan tekanan arteri pada saraf ini melibatkan bagian lain dari otot wajah, biasanya bagian mulut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply